Sekolah Ditutup, Wakil Wali Kota Bekasi : Jangan Dimanfaatkan untuk Wisata

Wisnu Yusep, Okezone · Rabu 18 Maret 2020 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 18 338 2185237 sekolah-ditutup-wakil-wali-kota-bekasi-jangan-dimanfaatkan-untuk-wisata-0XyQpnmuew.jpg Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto. (Foto : Okezone.com/Wisnu Yusep)

BEKASI – Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, mengatakan guru memiliki tanggung jawab lebih saat kegiatan belajar dipindahkan dari sekolah ke rumah imbas pandemi virus corona (Covid-19).

"Ada tanggung jawab lebih bagaimana meyakinkan anak-anak, orangtua bahwa masa 14 hari ini bukan digunakan untuk masa liburan sehingga tidak digunakan untuk berwisata, mendatangi tempat-tempat wisata rekreasi, pulang kampung, dan sebagainya," kata Tri kepada wartawan, Rabu (18/3/2020).

Meskipun sekolah ditutup, kata dia, guru memiliki tanggung jawab moral yang melekat untuk terus memantau siswanya di rumah. Setiap sekolah, kata Tri, harus bisa menyiapkan sanksi bagi guru yang kedapatan muridnya tidak memanfaatkan waktu dua pekan untuk belajar di rumah.

"Juga tidak dibenarkan untuk mereka melakukan kegiatan ada di mal, tempat-tempat perbelanjaan," kata dia.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto. (Foto : Okezone.com/Wisnu Yusep)

Karena bagaimanapun, menurutnya, pelajaran jarak jauh menjadi hak murid selama sekolah ditutup imbas virus corona.

Metode belajar jarak jauh, menurut dia, merupakan momentum bagi guru untuk dapat membangun kedekatan emosional dengan wali murid untuk memastikan siswa belajar di rumah setiap hari.


Baca Juga : Diliburkan Imbas Corona, Satpol PP Kerap Temukan Pelajar Nongkrong di Mal dan Warnet

"Ini saya lihat menjadi suatu fenomena komunikasi terbangun, ketahanan rumah menjadi semakin tinggi komunikasi yang baik dan impect-nya adalah bagaimana anak-anak menyadari tugas dan kewajibannya secara mandiri," kata Tri.


Baca Juga : Gubernur Anies Minta Warga Tak Berkegiatan di Luar Rumah

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini