nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MNC Peduli Sosialisasi Stunting di Muara Gembong Bekasi

Wisnu Yusep, Jurnalis · Kamis 19 Maret 2020 15:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 19 338 2185885 mnc-peduli-sosialisasi-stunting-di-muara-gembong-bekasi-7vSKqvS1AI.jpg MNC Peduli sosialisasikan stunting di Muara Gembong Bekasi (Foto: Ist)

BEKASI - MNC Peduli mengadakan sosialisasi stunting di Desa Binaan MNC Peduli tepatnya di Desa Pantaibakti, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan di posyandu dan kampung nelayan dihadiri oleh para ibu yang sedang hamil dan memiliki balita.

Sosialisasi yang diberikan berupa edukasi tentang gizi yang diperlukan dari semasa anak masih di dalam kandungan hingga 1000 hari pertama kehidupan. Selain itu jenis-jenis makanan yang harus dikonsumsi dan harus dihindari oleh para ibu hamil serta balita.

Terlebih lagi, isu stunting merupakan permasalahan yang tak kunjung selesai bagi masyarakat Indonesia. Meskipun angka stunting di Indonesia sudah menurun pada tahun 2019, tetapi masih belum bisa memenuhi standar World Health Organization (WHO) yakni angka stunting tidak boleh lebih dari 20 persen.

MNC Peduli Bekasi

Stunting disebabkan kurang baiknya asupan gizi anak sejak dari kandungan ibu hingga 1000 hari pertama kehidupan. Penyebabnya tak lain adalah kurangnya asupan nutrisi, tidak diberikannya ASI eksklusif, melewatkan imunisasi dan kondisi lingkungan yang kurang memadai.

Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo mengungkapkan, sosialisai stunting ini dilakukan karena pihaknya mendapati sebanyak 251 anak di desa ini ternyata stunting.

"Jadi kita datang kesana untuk memberikan sosialisasi agar semua mengerti bahwa 1000 hari pertama itu paling penting untuk anak-anak ini diberikan gizi yang memadai," kata Jessica, Kamis (19/3/2020).

Gizi buruk pada anak, katannya, tidak hanya berdampak bagi kesehatan anak, namun jika tidak segera diatasi bersama hal ini akan berpengaruh kepada masalah SDM Indonesia ke depannya. Dengan kurangnya asupan gizi sejak kecil, maka tentunya akan menurunkan kualitas SDM masyarakat Indonesia.

MNC Peduli Bekasi

“Harapannya supaya kedepannya anak-anak di desa Pantai Bakti gak ada lagi yang stunting, biar orangtua juga mengetahui kalau misalkan pentingnya untuk memberi gizi pada anak-anaknya dan karena banyak juga yang nikah diusia yang agak digolongkan muda," katanya.

Karena menikah muda, kebanyakan mereka kurang mengerti bahwa pentingnya gizi yang diberikan pada saat ibu hamil, pada saat anak baru lahir dan ini yang diberikan edukasi kepada masyarakat agar mereka juga bisa merawat anak-anaknya dengan baik," jelas dia.

Sementara, ibu rumah tangga Nia menyebutkan, kegiatan yang dilakukan oleh MNC Peduli ini sangat bagus bagi Desanya, yang jauh dari perkotaan.

"Sangat bagus ya sangat membantu khususnya untuk Desa Pantaibakti yang jauh dari kota karna disini masih banyak pengetahuan yang masih minim tentang stunting tersebut," ungkap Nia yang ikut dalam sosialisasi kegiatan MNC Peduli.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini