nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Kata Pengamat Terkait Penanganan Virus Corona di Jakarta

Muhamad Rizky, Okezone · Minggu 22 Maret 2020 06:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 22 338 2187122 ini-kata-pengamat-terkait-penanganan-virus-corona-di-jakarta-CJGEfwXSlo.jpg Antisipasi wabah virus korona. (Foto: Dok Okezone/Dede Kurniawan)

JAKARTA – Pengamat sosial politik dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun, menyarankan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan karantina wilayah atau lockdown terkait wabah virus corona (Covid-19).

"Jakarta perlu memberlakukan lockdown, lokal Jakarta saja. Ini sudah membahayakan nasib 10 juta warga Jakarta dan 250 juta rakyat Indonesia lainnya," kata Ubedilah kepada Okezone, Minggu (22/3/2020).

Baca juga: Penjual Masker & Hand Sanitizer dengan Harga Tinggi Bisa Didenda hingga Rp50 Miliar 

Ia mengatakan, lockdown merupakan langkah yang tepat untuk menghentikan penyebaran virus corona yang kian memprihatinkan.

"Argumennya sudah jelas pergerakan penularan dan penyebaran Covid-19 lebih cepat dari kemampuan pemerintah mendeteksi setiap warga yang terkena gejala awal," tuturnya.

Info grafis virus corona (Covid-19). (Foto: Okezone)

Menurut dia, kebijakan social distancing dan rapid test tidak cukup dilakukan oleh pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran vitus corona. Kemudian kebijakan tersebut dinilai belum bisa dilaksanakan secara maksimal.

Baca juga: Cerita Dokter di Jawa Tengah Menangis ketika Merawat Pasien Corona 

"Kebijakan social distancing dan rapid test itu berhasil cepat di negara yang tingkat rasionalitas masyarakatnya tinggi. Mereka memiliki argumen kuat secara sadar menjalankan perintah untuk lakukan social distancing," terangnya.

"Tetapi di negara yang rata-rata tingkat pendidikannya masih rendah memerlukan waktu yang lama. Maka lockdown adalah cara terbaik untuk negara yang terkena Covid-19 dengan tingkat penyebaran yang luas tetapi tingkat rasionalitas kesadarannya masih rendah," tandasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini