TPU Pondok Ranggon dan Tegal Alur Disiapkan untuk Pemakaman Jenazah Korban Corona

Fadel Prayoga, Okezone · Selasa 24 Maret 2020 17:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 24 338 2188418 tpu-pondok-ranggon-dan-tegal-alur-disiapkan-untuk-pemakaman-jenazah-korban-corona-LN5gnU40PE.jpg Tempat pemakaman umum. (Foto : Okezone.com/Puteranegara Batubara)

JAKARTA – Sebanyak dua tempat pemakaman umum (TPU) di Jakarta disiapkan untuk menguburkan orang yang meninggal akibat penularan virus corona (Covid-19). Kedua TPU itu adalah berada di Pondok Ranggon, Jakarta Timur dan Tegal Alur, Jakarta Barat.

"Di Pondok Ranggon, sekarang dibuka di Tegal Alur," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (24/3/2020).

Ia mengaku akan berkoordinasi dengan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta dan pemuka agama terkait prosedur pemakaman jenazah tersebut. Namun, dia tak menjelasakan secara rinci ihwal bagaimana prosedur jenazah yang meninggal akibat Covid-19.

"Kami berkoordinasi dengan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta bagaimana kegiatan pemulasaran jenazah. Termasuk dengan pemuka agama untuk membuat standar pemakamannya," ujarnya.

Ilustrasi. (Shutterstock)

Ia mengaku sudah memberikan instruksi kepada seluruh kepala rumah sakit di Jakarta untuk memberi penjelasan kepada para penggali kubur dan tokoh agama saat memakamkan jenazah tersebut.

"Kita tahu bahwa jenazah itu harus diperlakukan secara khusus. Jadi, sudah kita informasikan ke semua rumah sakit yang di Jakarta," ujarnya.

Baca Juga : Tenaga Medis DKI Positif Corona Bertambah Jadi 44 Orang

Sebagaimana diketahui, sebanyak 427 orang di DKI Jakarta dinyatakan positif virus corona. Sementara 32 di antaranya meninggal dunia.

Baca Juga : Disinfektan Disemprotkan di Sepanjang Jalan Pantura hingga Karawang

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini