nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Corona, Warga Binaan Lapas Tangerang Buat Bilik Sterilisasi

Isty Maulidya, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 17:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 26 338 2189446 cegah-corona-warga-binaan-lapas-tangerang-buat-bilik-sterilisasi-nEHB5AZVo9.jpg Bilik Sterilisasi di Lapas Tangerang (Foto: Ist)

TANGERANG - Warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang membuat bilik disinfektan. Pembuatan bilik dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) ke dalam lapas.

Kepala Lapas Kelas I Tangerang Jumadi mengatakan bahwa ide pembuatan bilik diisinfektan berdasarkan instruksi Menteri Hukum dan HAM. Instruksi itu meminta agar seluruh lapas di Indonesia membuat alat untuk mencegah penularan virus Covid 19.

"Senin kita lakukan pembahasan, sekarang sudah eksekusi pembuatannya," ucapnya, Kamis (26/3/2020).

Jumadi mengungkapkan bahwa saat ini ada 3 lapas di Indonesia yang menyediakan bilik disinfekstan. Dirinya mengaku siap bekerja sama apabila ada permintaan pembuatan bilik disinfektan secara masal.

"Dengan adanya alat ini, Lapas Kelas 1 Tangerang menjadi yang ketiga se Indonesia setelah Rutan Surakarta dan Lapas Wonogiri yang telah terlebih dahulu menerapkan sistem bilik disinfektan," jelasnya.

Sebelumnya, lapas klas I Tangerang telah meniadakan sementara waktu kunjungan dan menggantinya dengan metode video call. Warga binaan disediakan tempat khusus untuk tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga selama kunjungan ditiadakan.

"Kami sudah buat bilik didalam. Warga binaan dapat berkomununikasi dengan pengunjung didampingi oleh petugas," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini