Pemkot Bogor Siapkan Lahan Pemakaman Khusus Korban Virus Corona

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Kamis 26 Maret 2020 19:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 26 338 2189521 pemkot-bogor-siapkan-lahan-pemakaman-khusus-korban-virus-corona-6vuTDIMfVl.jpg Ilustrasi makam. (Foto: Okezone.com)

BOGOR - Pemerintah Kota Bogor menyiapkan lahan seluas 200 meter persegi, khusus untuk warganya yang meninggal dunia akibat virus corona (Covid-19), di TPU Kayu Manis, Tanah Sareal, Kota bogor.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pemakaman Kota Bogor, Toto Guntoro mengatakan lahan itu mampu menampung 40 lubang makam.

"Kita sudah siapkan tiga lubang dulu. Kalau luas sekitar 200 meter bisa untuk 40 lubang makam. Terpisah dari area pemakaman yang untuk umum," kata Toto kepada Okezone, Kamis (26/3/2020).

Infografis Okezone

Terkait prosedur pemakaman jenazah terkait virus corona, pihaknya masih berkordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor dan RSUD Kota Bogor.

Baca juga: Satu Orang PDP Covid-19 di Sorong Meninggal Dunia

"Intinya gini, petugas dari kami akan diberikan APD untuk pemakaman. Seterusnya bagaimana kita ikuti sesuai aturan yang sudah ditentukan tim gugus, kita hanya melaksanakan, kami juga belum mempelajari teknisnya (pemakaman) seperti apa," ungkapnya. 

Selain itu, pihaknya sudah mensosialisasikan warga sekitar TPU, untuk tidak perlu khawatir terkait lokasi khusus. Pasalnya, jenazah yang dikuburkan sudah steril. 

"Kami sudah beri pemahaman kepada masyarakat, mau hasilnya negatif atau positif jenazah dibungkus pakai plastik dan pakai peti. Karena kami juga takut masyarakat salah paham dan resah," imbuhnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini