nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemkot Tangsel Siapkan 3 TPU Khusus Pemakaman Pasien Covid-19

Hambali, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 01:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 27 338 2189600 pemkot-tangsel-siapkan-3-tpu-khusus-pemakaman-pasien-covid-19-PrVWqNoXU3.jpg Ilustrasi TPU. (Foto : Okezone.com/Puteranegara Batubara)

TANGERANG SELATAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) menyiapkan 3 tempat pemakaman umum (TPU) khusus untuk pasien virus corona (Covid-19) yang meninggal dunia.

Ketiganya adalah TPU Bingbin Serpong, TPU Babakan, dan TPU Jombang. Kapasitas TPU itu masih cukup luas dan dapat menampung hingga ratusan jenazah pasien corona.

Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, berdasarkan pertimbangan matang maka setiap pasien corona yang meninggal akan dimakamkan di 3 TPU yang telah ditetapkan pemerintah daerah.

"Ada tiga TPU yang telah disiapkan untuk pemakaman khusus Covid-19. Pertama di TPU Bingbin Serpong, TPU Babakan, dan TPU Jombang," katanya kepada Okezone di Posko Covid-19, Kampung Anggrek, Serpong, Kamis (26/3/2020).

Ia menambahkan, ketiga TPU yang ada siap menampung pasien meninggal Covid-19. Misalnya untuk TPU Jombang yang sanggup menampung 400 hingga 500 pasien corona.

"Ditambah dengan TPU Bingbin dan Babakan, masih ada 100-200 lagi. Totalnya ratusan, masih cukup banyak. Tetapi memang, sempat terjadi penolakan dari warga karena mereka meminta penjelasan lagi," ucapnya.

Wakil Wali Kota Benyamin Davnie saat menggelar koordinasi di Posko Covid-19. (Foto : Okezone.com/Hambali)

Beberapa hari lalu, sejumlah warga di Serpong sempat berkerumun menolak TPU Bingbin dijadikan makam bagi pasien Covid-19 yang meninggal. Namun perlahan, warga mulai dapat menerima penjelasan pemerintah setempat.

"Ya, jadi masyarakat meminta penjelasan tentang penularan Covid-19. Yang kedua mereka juga minta disemprot disinfektan. Tapi sekarang mereka sudah mengerti dan bisa menerima pemakaman itu," tuturnya.

Tidak hanya warga di TPU Bingbin Serpong yang menolak. Warga sekitar TPU Jombang juga awalnya menolak jenazah pasien Covid-19 dimakamkan di sana. Tetapi setelah diberi penjelasan, mereka akhirnya bisa mengerti.

"Kalau sudah dimakamin sih sebenarnya sudah enggak ada penyebaran lagi. Tetapi memang dipisahkan dari awal dengan makam yang sudah ada. Makanya, kita akan konsentrasi di TPU Jombang," ucap Benyamin.

Baca Juga : Siapkan Hotel untuk Tenaga Medis Corona, Anies: Mereka Khawatir Pulang ke Rumah

Proses pemakaman pasien corona, ia melanjutkan, memiliki protokol tersendiri sehingga, tidak bisa dilakukan sembarangan. Yang menyedihkan dari pemakaman ini, keluarga tidak bisa mengiringi kepergian saudaranya.

"Proses pemakaman juga ada protokolnya tentang penyakit menular. Jadi mohon pengertian masyarakat, biar kami yang nanti menentukan. Jadi begitu meninggal, langsung dimandikan. Tidak boleh berlama-lama, dalam waktu 6 jam setelah pasien meninggal, korban harus sudah dimakamkan," tuturnya.

Baca Juga : Brimob Semprotkan Disinfektan ke Sejumlah Ruas Jalan di Depok

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini