nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pandemi Virus Corona, Stok Darah PMI Jakarta Berkurang hingga 90 Persen

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 06:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 27 338 2189638 pandemi-virus-corona-stok-darah-pmi-jakarta-berkurang-hingga-90-persen-yhTmMFJlld.jpg Ilustrasi. (Foto : Okezone.com)

JAKARTA – Pandemi virus corona (Covid-19) di DKI Jakarta tak hanya menimbulkan korban jiwa. Namun, serangan virus uga mengakibatkan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta.

Wakil Kepala Unit Transfusi Darah PMI DKI Jakarta, Ni Ken Ritchie MBiomed mengatakan, hingga kini stok darah menurun hingga mencapai angka 90 persen. Kekurangan itu mencakup seluruh golongan darah.

"Stok darah di Jakarta kurang 90%," ujarnya kepada Okezone, Jumat (27/3/2020).

Ni Ken menambahkan, kekurangan stok darah itu terjadi di lima wilayah administrasi di Jakarta. Ia tak bisa memprediksi kapan situasi ini kembali normal.

Ilustrasi. (Shutterstock)

"Semua wilayah di Jakarta kurang (stok darah-red)," ujarnya.

Menurut dia, pasien yang kerap membutuhkan donor darah dengan cepat, yaitu mereka yang mengidap penyakit talasemia. Itu karena mereka menjalani transfusi darah secara rutin dan sudah terjadwal.

Baca Juga : 2 PDP Covid-19 di Kota Bogor Meninggal Dunia

"Paling banyak untuk pasien rutin transfusi yaitu yang ada kelainan darah seperti talasemia, pasien kanker yang harus kemoterapi, pasien cuci darah, pasien DBD, dan pasien yang akan melahirkan," kata dia.

Baca Juga : Pemkot Tangsel Siapkan 3 TPU Khusus Pemakaman Pasien Covid-19

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini