nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemkot Tangerang Prioritaskan Keluarga Pasien dan Tenaga Medis untuk Rapid Test

Isty Maulidya, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 10:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 27 338 2189729 pemkot-tangerang-prioritaskan-keluarga-pasien-dan-tenaga-medis-untuk-rapid-test-6bb92uxCrB.JPG Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah (Foto: Okezone.com/Isty Maulidya)

TANGERANG - Sebanyak 2.400 unit alat rapid test virus corona (Covid-19) telah diterima oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang. Alat tersebut juga telah siap digunakan untuk tes massal di wilayah Kota Tangerang.

Namun, Pemkot Tangerang dalam hal ini akan memprioritaskan keluarga pasien positif corona dan tenaga medis yang menangani pasien.

"Kami sudah dapatkan alat rapid test kurang lebih 2.400. Yang pertama untuk keluarga pasien positif, lalu kelompok tenaga kesehatan itu rumah sakit, dan kita sampling aparat yang sering berinteraksi di lapangan, dan juga masyarakat," jelas Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah, Jumat (27/3/2020).

Untuk pelaksanan tes pada masyarakat, Arief menyebut bahwa pihaknya masih mempersiapkan bagaimana mekanisme yang tepat. Namun, pihaknya sudah melakukan pemetaan jumlah populasi di masing-masing kecamatan untuk pembagian jatah rapid test.

Infografis COVID-19

"Mekanismenya sedang dipersiapkan khususnya untuk masyarakat banyak. Karena masyarakat itu kita melakukan random sampling itu nanti kita lihat dari jumlah populasi," jelasnya.

Pelaksanaan rapid test sendiri akan dikerjakan oleh tenaga kesehatan gabungan dan hari ini sudah mulai dilakukan. Arief menargetkan pelaksanaan rapid test akan selesai dalam waktu dua minggu.

"Dikerjakan oleh tenaga kesehatan dari dinas kesehatan yang berkoordinasi dengan puskesmas. Kita mulai dari ODP, PDP, lalu keluarga pasien yang positif. Kita mulai kerjakan hari ini, dan terus kita kerjakan semoga dua minggu ini selesai," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini