nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bupati Bogor: Jakarta Segeralah Lockdown!

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Minggu 29 Maret 2020 16:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 29 338 2190787 bupati-bogor-jakarta-segeralah-lockdown-8cz9KPfIrv.jpg Bupati Bogor Ade Yasin (Okezone.com/Putra RA)

BOGOR - Bupati Bogor Ade Yasin mendorong pemerintah untuk mengunci atau lockdown wilayah DKI Jakarta agar penyebaran virus corona tak meluas. Dia khawatir jika Jakarta masih terbuka, maka warga masih bebas keluar masuk.

Hal itu bisa membuat sebaran Covid-19 terus meluas terutama ke daerah penyangga seperti Bogor, mengingat DKI Jakarta saat ini masuk zona merah dengan kasus corona terbanyak di Indonesia.

Ade Yasin mengatakan pasien corona di Bogor rata-rata dari Jakarta atau memiliki riwayat perjalanan ke Ibu Kota.

"Kesimpulan, dari pasien (covid-19) di Bogor itu rata-rata dari Jakarta, sehingga saya mengimbau untuk lockdown di Jakarta. Kalau lockdown di Jakarta bisa menekan jumlah positif, wilayah episentrum di jakarta, jadi Jakarta segeralah lockdown," kata Ade Yasin usai rapat kordinasi di Rumah Dinas Wali Kota Bogor, Jalan Pajajaran, Minggu (29/3/2020).

 Virus corona

Menurut Ade Yasin, jika wilayah penyangga Ibu Kota menerapkan lockdown terlebih dahulu akan sangat sulit. Hal itu mengingat terdapat ratusan pintu masuk perbatasan ke wilayah Kabupaten dan Kota Bogor.

"Kalau kita lockdown duluan tapi Jakarta tidak, orang tetap akan berbodong-bondong ke sini. Kita sepakat dengan wakil wali kota Bogor untuk mendorong epicentrumnya untuk me-lockdown," ungkapnya.

Namun, apabila DKI Jakarta dilockdown pihaknya bersama Pemkot Bogor siap melakukan penyesuaian dengan menutup akses masuk ke wilayahnya.

"Kita sepakat dengan Wakil Wali Kota Bogor mendorong epicentrumnya untuk lockdown. Setelah itu baru kita berfikir mengatur strategi untuk melakukan hal yang sama tapi mungkin tidak seperti Jakarta. Minimal kita menjaga pintu-pintu masuk yang punya potensi besar wabah ini (Covid-19) masuk ke Kota dan Kabupaten Bogor," tutup Ade Yasin.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini