nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 di Depok Tuai Protes Warga Sekitar TPU

Wahyu Muntinanto, Okezone · Senin 30 Maret 2020 21:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 30 338 2191481 pemakaman-jenazah-pasien-covid-19-di-depok-tuai-protes-warga-sekitar-tpu-yO1cZb2wEH.jpg Illustrasi pemakaman korban covid-19 (Foto: Shafaaq)

DEPOK - Proses pemakaman jenazah korban virus corona atau Covid-19 mendapatkan aksi penolakan dari warga sekitar TPU (Tempat Pemakaman Umum) di wilayah Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, Senin 30 Maret 2020

Ketua RW setempat, Nasam Hajar menuturkan penolakan tersebut dilakukan warga, lantaran mereka takut virus yang sudah merenggut banyak nyawa manusia di berbagai negara turut mewabah ke pemukiman sekitar makam.

"Protes warga ini karena jenazah yang terkena Covid-19 dimakamkan di TPU ini (wilayah sawangan). Mereka takut tertular dan virus corona itu mewabah di perkampung sekitar TPU," ucap Nasam saat di konfirmasi wartawan, Senin (30/3/2020).

Tak hanya itu, warga juga mempertanyakan alasan makam ini menjadi lokasi penguburan jenazah korban Covid 19. Padahal, menurut dia setiap wilayah di Kota Depok memiliki lokasi pemakaman tersendiri.

"Tiap Kecamatan punya pemakaman umum kenapa makam disini di pilih. Warga sekitar juga tidak pernah di beritahukan sama pihak terkait," jelasnya.

 korona

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, Sidik Mulyono mengaku, pemilihan lokasi pemakaman Covid 19 telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Depok.

"Pemakaman jenazah Covid 19 ditetapkan oleh Pemerintah Kota Depok sesuai dengan prosedur pemerintah pusat," jelasnya.

"Kami baru bertemu warga tadi mereka belum bisa menerima kondisi, akhirnya kami mediasikan dan alhamdulillah warga menerima jenazah dikuburkan di sini," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini