nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Status Kota Bekasi Ditingkatkan Jadi Siaga Bencana Virus Corona

Wisnu Yusep, Okezone · Selasa 31 Maret 2020 14:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 31 338 2191775 status-kota-bekasi-ditingkatkan-jadi-siaga-bencana-virus-corona-zwTSD6Vwad.jpg Rapid test virus corona di Bekasi (foto: Wisnu Yusep)

BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menaikkan status wilayahnya menjadi Siaga Bencana Virus Corona atau Covid-19. Sebelumnya, status Kota Bekasi Siaga Darurat Bencana pada Senin 30 Maret 2020. Peningkatan status itu diberlakukan karena ada peningkatan pasien positif corona secara signifikan.

"Ini berdasarkan hasil rapat semalam kita memutuskan dari Siaga Darurat sekarang jadi Siaga Bencana," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effedi kepada wartawan, Selasa (31/3/2020).

Mulanya, kata dia, pihaknya telah meningkatkan status Siaga Bencana pada kemunculan virus menular itu. Berdasarkan hasil perkembangan kasus tersebut, Siaga Bencana habis pada hari ini, Selasa 31 Maret 2020.

"Dari yang positif itu baru satu yang dinyatakan sembuh, dengan alamat sesuai KTP di Kecamatan Mustikajaya, tapi yang lain tetap kita pantau perkembangannya," cetus dia.

Peningkatan status ini, kata dia, juga diikuti sejumlah kebijakan berupa perpanjangan masa belajar di rumah bagi seluruh sekolah hingga 14 April 2020 mendatang.

infografis seputar corona 

Termasuk dengan terbitnya surat edaran isolasi kemanusiaan ke seluruh perangkat RT/RW agar warga melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan melakukan upaya-upaya pencegahan lainnya demi memutus rantai penularan corona.

Berdasarkan situs resmi milik pemerintah, corona.bekasikota pada Senin 30 Maret 2020, jumlah kasus terkonfirmasi atau positif sebanyak 36 orang.

Jumlah ini mengalami peningkatan yamg signifikan, yang semula sembilan kasus, kemudian naik menjadi 15 kasus hingga melonjak seperti yang saat ini.

Dari 36 kasus itu, 35 orang diantaranya masih menjalani perawatan di rumah sakit sedangkan satu orang sisanya telah dinyatakan sembuh tetapi masih dalam pemantauan.

Untuk data Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kota Bekasi sudah mencapai 240 orang, 185 di antaranya masih proses pemantauan dan 55 lainnya sudah selesai pemantauannya.

Selanjutnya, data Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kota Bekasi sampai dengan hari ini berjumlah 131 orang dengan 118 di antaranya masih dirawat dan 13 orang telah dinyatakan sehat.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini