Transjakarta Hanya Melayani 13 Koridor Utama Selama PSBB

Fadel Prayoga, Okezone · Jum'at 10 April 2020 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 10 338 2197030 transjakarta-hanya-melayani-13-koridor-utama-selama-psbb-8exXIzTkij.jpg Ilustrasi Bus Transjakarta. (Foto: Dok Okezone/Arif Julianto)

JAKARTA – PT Transjakarta melakukan penyesuaian seiring diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada 10 sampai 23 April. BUMD milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu hanya melayani 13 koridor utama sejak pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

"Pola operasional baru ini menambah penetapan peraturan yang sudah ada sejak ditetapkannya peraturan gubernur mengenai darurat covid-19 di Jakarta," jelas Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta Nadia Diposanjoyo dalam keterangannya, Jumat (10/4/2020).

Ia menjelaskan, pembatasan jumlah pelanggan maksimal di dalam bus yakni 60 orang untuk bus gandeng, 30 orang untuk bus besar, dan 15 orang untuk bus sedang.

Lalu pembatasan jarak aman antarpelanggan sejauh minimal 1 lengan tangan, baik di dalam bus maupun di halte.

"Mewajibkan penggunaan masker kain dua lapis yang bersih bagi pelanggan maupun petugas di lapangan. Memberikan antrean khusus bagi petugas medis untuk memudahkan menggunakan layanan Transjakarta dengan menunjukkan kartu identitas petugas medis," ujarnya.

Selain itu, lanjut Nadia, meniadakan transaksi apa pun di halte sebagai aksi pencegahan persebaran covid-19.

Pihaknya tetap melakukan penyediaan sarana sanitasi, yaitu menyediakan hand sanitizer, serta wastafel portabel di beberapa halte, serta membersihkan bus dan halte secara berkala dengan disinfektan.

"Kami manajemen Transjakarta tetap mengajak masyarakat untuk sebaiknya tetap di rumah saja apabila tidak ada hal yang mendesak. Selalu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh dalam kondisi saat ini serta selalu membiasakan cuci tangan agar penyebaran virus covid-19 tetap dapat diminimalisasi," katanya. 

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini