Share

Polisi Temukan Banyak Mobil Kelebihan Penumpang di Hari Pertama PSBB

Arie Dwi Satrio, Okezone · Jum'at 10 April 2020 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 10 338 2197115 polisi-temukan-banyak-mobil-kelebihan-penumpang-di-hari-pertama-psbb-u9D3HbvOEK.JPG Polisi memeriksa setiap kendaraan yang melintas di hari pertama penerapan PSBB (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA - Jajaran Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melakukan pengecekan jumlah penumpang kendaraan roda empat (mobil) di beberapa ruas jalan pintu masuk Jakarta. Pengecekan itu menyusul diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada hari ini.

Dalam kegiatan pengecekan tersebut, pihak kepolisian menemukan maraknya pelanggaran aturan PSBB berupa kelebihan kapasitas penumpang. Polisi kemudian meminta agar mobil yang melanggar aturan PSBB tersebut memutarbalik dan tidak diperbolehkan masuk ke Ibu Kota.

"Ada-ada sudah mulai banyak pelangggaran. (Pelanggar) diputar balikkan dulu sementara," kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi wartawan, Jumat (10/4/2020).

Sekadar informasi, Ditlantas Metro Jaya membangun 33 pos pengecekan atau check point guna mengawasi pembatasan kendaraan dalam rangka penerapan kebijakan PSBB di Jakarta. Sambodo mengatakan, 33 check point itu tersebar di seluruh akses pintu masuk Jakarta. Mulai dari gerbang tol hingga di setiap stasiun dan terminal.

"Iya ada 33 titik pos check point tersebar di pintu masuk Jakarta, gerbang tol dan terminal serta stasiun," kata Sambodo.

Sambodo menjelaskan bawah petugas yang berjaga di setiap pos check point akan memeriksa jumlah penumpang pada setiap kendaraan yang hendak memasuki wilayah Jakarta. Bagi penumpang kendaraan roda empat tak boleh melebihi setengah dari kapasitas muatan mobil tersebut.

Ilustrasi

"Teknisnya seperti pemeriksaan 3 in 1, kita akan berhentikan, buka kaca (mobil), lihat jumlah penumpangnya berapa," jelas Sambodo.

Pemerintah resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) setelah adanya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 dengan didukung oleh Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 9 Tahun 2020. Aturan itu dikeluarkan pemerintah guna mempercepat penanganan virus corona (Covid-19).

Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto menyepakati, Jakarta sebagai daerah pertama yang diberlakukan PSBB. PSBB di Jakarta resmi diberlakukan pada hari ini, Jumat (10/4/2020). Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sendiri telah mengeluarkan Pergub terkait PSBB untuk Ibu Kota, tadi malam.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini