Jalan Perancis Tangerang Bertabur Lubang, Warga Protes Perbaikan Setengah Jadi

Hambali, Okezone · Jum'at 10 April 2020 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 10 338 2197226 jalan-perancis-tangerang-bertabur-lubang-warga-protes-perbaikan-setengah-jadi-OL9OiTpUki.jpeg Jalan Perancis, Kota Tangerang (Okezone.com/Hambali)

TANGERANG – Sejumlah warga mengeluh dengan kondisi Jalan Kali Perancis, Kota Tangerang yang bertabur lubang, bergelombang, dan tergenang air, sehingga rawan kecelakaan jika tak awas melintas. Mereka meminta Pemkot Tangerang memperbaiki tuntas jalan tersebut.

Perbaikan Jalan Kali Perancis memang terhenti tanpa kelanjutan, meski pemkot telah menjanjikan perbaikan dilakukan secara tuntas.

Banyak bagian jalan yang dibiarkan berlubang serta bergelombang. Para pengendara pun harus hati-hati melaluinya jika tidak ingin terjungkal. Saat hujan, jalan sering tergenang di sejumlah titik.

Warga gusar karena Jalan Perancis merupakan akses strategis menuju Bandara Soekarno-Hatta, seharusnya diperhatikan serius pemerintah. Jalan itu pernah mengalami kerusakan parah pada 2010.

Warga Jatimulya, Tangerang, Sutopo sampai menulis surat terbuka agar Pemkot Tangerang segera memperbaiki Jalan Perancis.

"Bulan Februari dan Maret 2020, warga banyak yang protes kerusakan jalan Perancis. Itu sempat viral di media sosial pakai hashtag #pemkottangerangkemana dan #pemkottangerangkasihjalan," katanya kepada wartawan, Jumat (10/4/2020).

Jajat, warga yang tinggal sekitar Jalan Perancis memprotes Dinas Pekerjaan Umum yang tak menuntaskan jalan tersebut.

"Perbaikan apa, itu cuma jalan (diperbaiki) beberapa hari saja. Lihat sekarang, tidak ada yang berubah. Jalan tetap rusak, lubang di mana-mana. Kalau enggak ada kelanjutan perbaikan, mending sekalian kita warga berdemo saja," katanya.

Sementara Lurah Dadap, Fauzi mengaku, PU tidak pernah berkoordinasi dengannya saat memperbaikan sebagian Jalan Kali Perancis yang masuk di wilayahnya.

"Tidak pernah ada koordinasi dengan saya, pak Camat juga belum (pernah) ada koordinasi. Saya tidak pernah dilibatin, bahkan Camat juga sama. Masih sama seperti semula," ungkapnya.

Fauzi menegaskan, Jalan Perancis paling parah rusaknya di Jati Mulya dan Dadap. Lubang-lubang masih terlihat di tengah jalan, para pengendara sepeda motor yang melintas pun terpaksa memerlambat kendaraannya jika melewati jalan itu.

"Banyak (rusak), tapi kayaknya sudah dalam perbaikan tuh, kecuali depan Pospol Lama, di Jalan Dadap Kamal, masih parah tuh," sambungnya.

Jalan Kali Perancis merupakan akses utama dari dan menuju Bandara Soetta. Disebutkan, puluhan pengendara motor sering kali mengalami kecelakaan di sepanjang jalan itu. Jalan Perancis memiliki panjang sekira 7 kilometer, di mana 2,2 kilometer berada di Kota Tangerang dan sisanya masuk dalam wilayah Kabupaten Tangerang.

Sebagian besar Jalan Kali Perancis di Kota Tangerang mengalami kerusakan parah. Sedangkan Jalan Perancis yang masuk di Kabupaten Tangerang kondisinya relatif lebih baik karena telah mengalami perbaikan. Padahal besaran APBD kedua daerah itu hampir sama, yakni sebesar Rp 5,16 triliun untuk Pemkot Tangerang dan Rp 5,7 triliun untuk Pemkab Tangerang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini