Masih Temukan Warga Berkerumun saat PSBB, Polisi Klaim Indikatornya Menurun

Arie Dwi Satrio, Okezone · Jum'at 10 April 2020 19:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 10 338 2197353 polisi-akui-masih-temukan-warga-berkerumun-saat-hari-pertama-psbb-ggdE9MQS6b.JPG Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus (Foto: Okezone.com/Puteranegara)

JAKARTA - Jajaran Polda Metro Jaya terus melakukan patroli ke sejumlah daerah di Jakarta untuk memantau jalannya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Polisi menemukan masih adanya warga yang berkerumun pada hari pertama pelaksanaan PSBB di Jakarta.

"Masih jalan terus. Masih ada (kerumunan warga). Masih ada, tapi indikatornya menurun," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus saat dihubungi Okezone di Jakarta, Jumat (10/3/2020).

Pihak kepolisian mengambil tindakan persuasif yakni membubarkan kerumunan warga yang lebih dari lima orang. Hal itu dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19) di Jakarta.

Yusri mengaku dibantu oleh seluruh elemen mulai dari TNI, Satpol PP, hingga RT dan RW dalam melakukan penertiban serta sosialiasi penerapan PSBB. Ia berharap ada kesadaran dari masyarakat untuk mematuhi aturan PSBB tanpa perlu ditindak oleh aparat keamanan.

"Kita massif, dari mulai grassroots kita main, ada Babinsa, Bhabinkamtibmas, ada RT dan RW, kemudian tiga pilar turun sama-sama. Yang lebih penting masyarakatnya lebih mengerti dan sadar," tekannya.

Ilustrasi

Sekadar informasi, pemerintah resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) setelah adanya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 dengan didukung oleh Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 9 Tahun 2020. Aturan itu dikeluarkan pemerintah guna mempercepat penanganan virus corona (Covid-19).

Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto menyepakati, Jakarta sebagai daerah pertama yang diberlakukan PSBB. PSBB di Jakarta resmi diberlakukan pada hari ini, Jumat (10/4/2020). Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sendiri telah mengeluarkan Pergub Nomor 33 Tahun 2020 terkait PSBB untuk Ibu Kota, kemarin malam.

Dalam Pergub tersebut diatur penutupan fasilitas umum untuk sementara waktu guna mencegah orang berkerumun. Tak hanya itu, warga juga dilarang berkerumun lebih dari lima orang.

(put)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini