Share

Mudahkan Masyarakat Belanja saat PSBB, 12 Pasar di Kabupaten Bekasi Beri Layanan Online

Wisnu Yusep, Okezone · Sabtu 18 April 2020 02:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 17 338 2201023 mudahkan-masyarakat-belanja-saat-psbb-12-pasar-di-kabupeten-bekasi-beri-layanan-online-EoCa0Uu3sG.JPG Ilustrasi (Foto: Okezone.com)

BEKASI - Guna mempermudah layanan bagi masyarakat imbas dari penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), sebanyak 12 pasar tradisional di Kabupaten Bekasi, Jawa barat menerapkan sistem online. Masyarakat cukup mengakses layanan ini dengan mengunjungi laman pasaronline.bekasikab.go.id. Di laman tersebut masyarakat bisa langsung bertransaksi.

Kepala Bidang Pengawasan Pengendalian Evaluasi dan Promosi pada Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi, Helmi Yenti mengatakan, pasar-pasar yang menerapkan secara online itu yakni Pasar Induk Cibitung, dan Pasar Tambun.

Kemudian, lanjutnya, Pasar Setu, Pasar Sukatani, Pasar Serangbaru, Pasar Babelan, Pasar Tarumajaya, Pasar Cibarusah, Pasar Kedunggede, Pasar Lemahabang, Pasar Cibitung dan Pasar Cikarang.

"Jam operasional pasar online ini mulai dari jam 4 pagi sampai dengan jam 3 sore," kata Helmi Yenti kepada wartawan, Jumat, 17 April 2020.

Pasar dengan transaksi online ini, kata dia bertujuan memudahkan masyarakat berbelanja. Hal itu juga bertujuan mengurangi aktivitas di luar rumah.

"Juga cepat dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari khususnya kebutuhan pokok," ujar dia.

Layanan tersebut lanjut Helmi, sangat mudah. Pemesanan bisa langsung menghubungi nomor pedagang yang tertera, setelah itu barang akan diantar langsung oleh koordinator pasar dan pembayaran dilakukan secara tunai.

"Untuk membantu masyarakat dalam melakukan jual-beli selama wabah ini, kita akan buat tiga tahap," ungkapnya.

Saat ini, pihaknya masih terus dalam penyempurnaan. Tujuannya dalam jangka pendek untuk membantu pedagang dalam masa PSBB.

"Jangka panjangnya untuk menciptakan pedagang mampu berdaya saing dengan pasar modern," cetusnya.

Dia pun memastikan ketersediaan barang masih mencukupi dengan harga yang relatif stabil, seperti kebutuhan yang tersedia saat ini yaitu bahan pokok yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat.

Ke depan, pihaknya akan melakukan penyempurnaan dari pasar daring dengan meluncurkan pasar digital di Kabupaten Bekasi.

"Saat ini sifatnya hanya membantu masyarakat dan pedagang dalam masa PSBB di Kabupaten Bekasi," jelas dia.

Ke depan, pihaknya kata Helmi, akan terus melakukan modernisasi. Mulai pasar online ke pasar digital yang seluruh proses dan pembayarannya dilakukan secara digital.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini