Depok Siap Patuhi Larangan Mudik, Penerapannya Masih Tunggu Permenhub

Wahyu Muntinanto, Okezone · Kamis 23 April 2020 07:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 23 338 2203496 depok-siap-patuhi-larangan-mudik-penerapannya-masih-tunggu-permenhub-BKPEBSTXLW.jpg Wali Kota Depok Muhammad Idris. (Foto: Dok Okezone/Wahyu Muntinanto)

DEPOK – Pemerintah Kota Depok akan mengikuti arahan pemerintah pusat terkait larangan mudik pada hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Namun untuk penerapan larangannya, Pemkot Depok belum bisa melakukan tindakan. Pasalnya saat ini pemerintah daerah masih menunggu surat resmi dari Kementerian Perhubungan.

"Larangan mudik bagi warga, kami masih menunggu surat atau arahan resmi dari Kemenhub," ungkap Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Somad dalam keterangannya, Rabu 22 April 2020.

Ia menerangkan, sejauh ini pihaknya baru melakukan koordinasi dengan BPTJ mengenai kebijakan yang akan diambil.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Informasi yang didapatkan bahwa kebijakan larangan mudik masih bersifat general dan sedang dirumuskan kebijakan teknisnya," jelas Idris.

Ilustrasi mudik. (Foto: Dok Okezone)

Sebelumnya Presiden Joko Widodo memutuskan melarang masyarakat melakukan mudik Lebaran 2020 karena dalam kondisi sedang pandemi virus corona. Ini sebagai langkah memutus mata rantai penularan penyakit tersebut.

"Mudik semuanya akan kita larang," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Selasa 21 April 2020.

Sementara di sisi lain, Juru Bicara Kemenhub Aditia Irawati mengatakan larangan mudik akan diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) agar memiliki pendoman dan payung hukum jelas untuk mencegah meluasnya persebaran corona virus disease atau covid-19.

Rancangannya sedang disusun dan segera diterbitkan apabila sudah selesai dibahas. "(Larangan mudik) akan dituangkan ke dalam Permenhub," jelasnya saat dikonfirmasi Okezone, Rabu 22 April 2020.

Dia mengungkapkan, Permenhub tersebut bakal mengatur secara teknis terkait moda transportasi. Namun, dia tidak merinci lebih dalam mengenai aturan teknis tersebut.

"Permenhub untuk mengatur di sektor transportasi," tuturnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini