Share

Wali Kota Bekasi Surati Gubernur Jabar Minta Perpanjangan PSBB

Wisnu Yusep, Okezone · Senin 27 April 2020 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 27 338 2205414 wali-kota-bekasi-surati-gubernur-jabar-minta-perpanjangan-psbb-00WWo9lVrY.JPG Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi (Foto: Okezone.com/Wisnu Yusep)

BEKASI - Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengaku telah meminta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk memperpanjang masa pembatasan sosial bersakala besar (PSBB). PSBB di Kota Bekasi sendiri akan berakhir pada Selasa 28 April 2020 besok.

"Saya malah sudah sampaikan melalui surat petunjuk tapi mungkin sibuk, jadi belum ada kabar. Nanti mungkin dijawab," kata pria yang disapa Pepen, Senin (27/4/2020).

Perpanjangan PSBB ini, lanjut dia, sangat diperlukan. Mengingat makin meningkatnya penyebaran virus corona atau Covid-19. Berdasarkan data, sebanyak 229 orang positif corona.

Sementara, data pasien suspect yang meninggal dunia akibat corona bertambah menjadi 125 orang. Hal ini tak seimbang dengan jumlah pasien yang sembuh saat ini ada 70 orang di Kota Bekasi.

Baca juga: PSBB Kota dan Kabupaten Bekasi Resmi Diterapkan, Ini Aturannya

"Dari logika perbandingan tadi, mau tidak mau episentrumnya (kasus) di Jakarta dan Bodebek ini rasanya harusnya sama dengan DKI (perpanjang PSBB)," jelasnya.

Ilustrasi

Saat ini pihak Pemkot Bekasi masih menyusun konsep yang hendak disampaikan ke Gubernur Jabar untuk permohonan perpanjangan PSBB di Kota Bekasi.

"Sore kita bertemu teman-teman bupati dan wali kota di Bodebek ini. Nanti malam kita buat konsep surat dan kita akan laporkan ke Pak Gubernur," cetusnya.

Baca juga: PSBB Kota Bekasi: Seluruh Kendaraan Masuk Diperiksa, Termasuk Pelat Merah

Kemungkinan perpanjangan PSBB Kota Bekasi, jelas dia, jadwalnya akan sama dengan wilayah Bodebek lainnya. Sehingga bisa tetap membatasi pergerakan masyarakat di area wilayah yang saat ini menjadi zona merah Covid-19.

"Kalau kayak kemarin kan bareng (jadwal PSBB-nya) terus Pak Gubernur bikin ke Kemenkes mudah-mudahan ini juga sama biar cepat. Karena jangan sampai terjadi ada kekosongan," beber dia.

Dia berharap dengan diperpanjang PSBB-nya bisa menekan angka Covid-19 di area zona merah tersebut. Penerapan PSBB di Kota Bekasi dimulai pada Rabu, 15 April 2020. Penerapan ini serentak dilakukan oleh daerah lainnya, yakni Kabupaten Bekasi, Bogor, dan Depok. PSBB itu berlangsung selama 14 hari atau hingga 28 April 2020 mendatang. Namun, ini bisa diperpanjang jika kondisi memang mengharuskan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini