Penyebaran Virus Corona di Jabar Bergerak ke Transmisi Lokal

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Senin 27 April 2020 13:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 27 338 2205486 penyebaran-virus-corona-di-jabar-bergerak-ke-transmisi-lokal-9x5mbnfgHJ.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

BOGOR - Divisi Pelacakan Kontak dan Deteksi Dini pada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Barat Dedi Mulyadi menyebut penyebaran virus corona sudah bergerak menjadi transmisi lokal.

"Hasil analisis awal kita bahwa pencegahan ini berangkat dari sumber penyebaran. Sumber penyenaran yang kita peroleh dari beberapa data kasus positif di Jawa Barat bergerak tadinya hanya dari dari luar negeri, bergerak menjadi klaster dan sekarang ke local transmision," kata Dedi, kepada wartawan di Stasiun Bogor, Senin (27/4/2020).

Menurutnya, penyebaran tersebut bergerak karena banyaknya aktivitas masyarakat dari dan ke luar daerah pandemi virus corona di Jabodetabek.

"Jadi pergerakan orang dari Jakarta, Bekasi dan Bogor kasus postif terjadi dan sampai meninggal. Nah, dari jumlah ini kurang lebih sekitar 30 persenan yang kita tracking, yang paling ditakuti di titik-titik mobilisasi masyarakat seperti di terminal, pelabuhan bandara termasuk kereta api," ujar Dedi.

Baca Juga : Wali Kota Bekasi Surati Gubernur Jabar Minta Perpanjangan PSBB

Ia mencontohkan, dari 100 sampling di Terminal Leuwipanjang terdapat satu orang yang positif virus corona. Oleh karena itu, pihaknya bekrja sama dengan instansi terkait melakukan sampilng di sejumlah titik keramaian seperti di Stasiun Bogor pagi tadi.

"Kita suda tracking di leuwipanjang misalnya itu dari 100 orang positif 1 berarti ada potensi di situ. Kemudian bandara alhamdulillah sudah tutup, kemudian pelabuhan tidak ada yang langusng ke Jabar hanya logistik saja. Lalu untuk kereta, KAI sudah tutup yang dari Jakarta tapi masih buka KRL. Karena pertimbangan itu lah kemudian kita coba bikin pra analitik untuk di KRL karena pergerakan cukup tinggi di Jakarta episentrum dan Bogor," tandasnya.

(aky)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini