Kartu ATM Diganjal Tusuk Gigi, 8 Pembobol Ini Raup Rp100 Juta Lebih

Muhamad Rizky, Okezone · Selasa 28 April 2020 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 338 2206212 kartu-atm-diganjal-tusuk-gigi-8-pembobol-ini-raup-rp100-juta-lebih-2EiJuWUM70.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap komplotan pembobol kartu ATM asal Lampung. Sebanyak 8 orang pelaku yang meraup lebih dari Rp100 juta itu berhasil diamankan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan, aksi terakhir para pelaku adalah membobol ATM seorang driver taksi online. Para pelaku berhasil mendapatkan uang Rp100 juta.

"Sempat viral di medsos, ada seorang driver taksi online yang dia curhat bahwa ATM-nya ada yang mencuri sebanyak Rp100 juta, yang dia kumpulkan selama 7 tahun. Dia sangat sedih sekali, kerja banting tulang siang malam, harapan mau membeli rumah tapi saat dia cek, hilang uangnya itu," kata Yusri saat siaran langsung, Selasa (28/4/2020).

Yusri menjelaskan, dalam melancarkan aksinya para pelaku menggunakan modus dengan mengganjal mesin ATM dengan tusuk gigi. Adapun terkait lokasi yang dijadikan sasaran selama ini adalah mesin ATM yang terletak di minimarket dan SPBU di Jakarta dan Bekasi.

Sementara terkait pembobolan ATM sopir taksi online MA, pelaku melakukannya di kawasan Cibitung, Bekasi pada 23 April 2020. Karena ATM korban terganjal para pelaku kemudian melancarkan aksinya dengan menawarkan bantuan.

Kemudian kata Yusri, pelaku menukar kartu ATM korban dengan yang palsu. Setelah korban pergi para pelaku langsung menguras isi ATM korban. Sementara MA yang baru menyadari ATM nya telah dikuras langsung melapor ke Polda Metro Jaya.

"Ada 1 orang yang masih DPO, kami terus kejar," tambah Yusri

Baca Juga : Bima Arya Tutup Paksa Ratusan Kios yang Buka saat PSBB

Menurut keterangan para pelaku, mereka sudah berhasil membobol 3 ATM milik korban lainnya. Total uang yang mereka berhasil dibobol sebanyak Rp150 juta.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Mereka diancam dengan pidana penjara paling lama 7 tahun.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini