300 Masjid di Tangsel Disiapkan Tampung Zakat Fitrah

Hambali, Okezone · Jum'at 08 Mei 2020 10:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 08 338 2210899 300-masjid-di-tangsel-disiapkan-tampung-zakat-fitrah-LoOYudd78c.jpg ilustrasi (Okezone)

TANGERANG SELATAN – Sedikitnya 300 masjid disiapkan untuk menampung pembayaran zakat fitrah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Pada masing-masing masjid tersebut, terdapat Unit Pengumpul Zakat (UPZ).

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangsel menyerukan, agar Muslim lebih cepat menunaikan kewajiban zakat fitrah di unit-unit UPZ mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19.

"Berdasarkan syar'i, zakat fitrah sudah bisa dibayarkan sejak awal Ramadan atau pertama kali berpuasa. Memang keutamaannya itu dilakukan sebelum khatib naik mimbar salat Idul Fitri, tapi nanti amil menyerahkan di waktu afdalnya. Apalagi masa pandemi seperti saat ini, banyak orang terdampak," terang Kepala Bidang Pelaksana Pengumpulan Zakat Baznas Tangsel, Muhamad Sartono, kepada Okezone, Jumat (8/5/2020).

Dia juga menyarankan, umat muslim tidak menyalurkan zakat fitrah langsung ke mustahiq atau penerimanya. Melainkan di UPZ yang ada di sejumlah masjid. Sehingga penyaluran akan lebih efektif dan merata. Saat ini dari 628 masjid yang ada, 300 di antaranya terdapat UPZ.

"Pemerintah melalui Baznas menganjurkan pembayaran zakat fitrah di awal Ramadan, yang dilakukan di masjid-masjid pengumpul zakat. Kalau langsung diberikan kepada penerimanya, khawatir terjadi penumpukan hanya pada satu orang," jelas Sartono.

Wabah Covid-19 saat ini, kata Sartono, berdampak bagi semua kalangan, terlebih lagi mereka yang sebelumnya sudah hidup miskin tak berkecukupan. Dengan begitu, sudah barang tentu sang amil pengumpul zakat lebih mengetahui kondisi para jamaahnya masing-masing untuk menerima zakat.

"Amilnya kan lebih tahu, makanya kami menyarankan melalui UPZ yang ada," imbuhnya.

Besaran zakat fitrah pada Ramadan tahun ini ditentukan berkisar antara Rp35 ribu sampai 50 ribu per orang atau setara dengan 2,5 liter beras perorang.

"Besaran zakat fitrah berdasarkan koordinasi dengan Pemkot Tangsel, Kementerian Agama, MUI dan Baznas. Pada tahun ini disepakati mulai Rp35 ribu, Rp40 ribu, Rp45 ribu sampai Rp50 ribu," pungkasnya.

(sal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini