Bansos Presiden Jokowi di Tangsel Mulai Disalurkan, 75.916 KK Terima Bertahap

Hambali, Okezone · Jum'at 08 Mei 2020 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 08 338 2211200 bansos-presiden-jokowi-di-tangsel-mulai-disalurkan-75-916-kk-terima-bertahap-E2uagl2oEP.jpg Kemensos serahkan bantuan dari Presiden Jokowi di Jalan Kesatriaan, Rempoa, Ciputat Timur, Tangsel, Jumat (8/5/2020). (Foto : Ist)

TANGERANG SELATAN – Kementerian sosial (Kemensos) menyerahkan bantuan perdana Covid-19 dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Balai RW08, Jalan Kesatriaan, Rempoa, Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat (8/5/2020).

Total tercatat, kuota penerima bansos Covid-19 dari Jokowi untuk masyarakat Tangsel sebanyak 75.916 Kepala Keluarga (KK). Penyaluran bantuan berupa sembako itu akan dilakukan bertahap.

"Jadi kita memang sudah mulai untuk yang Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Penyalurannya akan dilaksanakan selama 3 bulan, setiap bulan itu 2 kali penyalurannya dengan nilai Rp300 ribu sekali penyaluran," kata Sekjen Kemensos RI, Hartono Laras, di lokasi.

Hartono menjelaskan, total secara keseluruhan jumlah penerima Bansos Presiden Jokowi mencapai 1,9 juta KK. Pencairan tahap awal dilakukan pada 20 April 2020 di Jakarta. Penyaluran berikutnya adalah wilayah Bodetabek.

"Karena Jakarta ini PSBB-nya pertama. Setelah itu menyusul ke Bodetabek," ujarnya.

Saat ini, dilanjutkan Hartono, pihak Kemensos melakukan supervisi penyaluran tahap pertama senilai Rp300 ribu untuk masing-masing KK di wilayah Kota Tangsel serta beberapa daerah lainnya di Bodetabek. Sesuai teknis penyalurannya, 2 minggu ke depan akan dicairkan tahap kedua senilai Rp300 ribu.

Kemensos menyerahkan bantuan dari Presiden Jokowi di Balai RW08, Jalan Kesatriaan, Rempoa, Ciputat Timur, Tangsel, Jumat (8/5/2020). (ist)

"Hari ini kami di Tangsel supervisi, cek penyaluran. Oleh karena itu, ini nanti seminggu setelah ini kita menyalurkan lagi untuk tahap kedua. Jadi dua minggu setelah ini akan ada lagi penyaluran untuk tahap kedua," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Airin menambahkan, bantuan sembako dari Presiden Jokowi akan disalurkan selama 3 bulan ke depan. Selain bantuan itu, pihaknya juga membagikan bantuan-bantuan dari CSR perusahaan yang ada di Kota Tangsel.


Baca Juga : Pandemi Corona, Jumlah PKH Dinaikkan Jadi 20 Juta KPM

"Jadi memang kita sifatnya bertahap dari masyarakatnya, di awal kita kasih kuota sekitar 250 (KK) per kelurahan. Terus ada reaksi dari masyarakat katanya enggak cukup, harusnya 750 KK. Maka sekarang pendataan terus berlanjut, karena yang terkena dampak Covid kan hari ini tidak sama," ucap Airin.


Baca Juga : Belum Salurkan Bansos Khusus, Mensos Tunggu Data dari Pemda

(erh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini