Kemenhub Investigasi dan Tindak Tegas Maskapai Langgar Aturan Jumlah Penumpang

Pernita Hestin Untari, Okezone · Kamis 14 Mei 2020 14:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 14 338 2214039 kemenhub-investigasi-dan-tindak-tegas-maskapai-langgar-aturan-jumlah-penumpang-sLc7hkF20U.jpg Bandara Soetta terapkan aturan Social Distancing untuk penumpang (foto: AP II)

JAKARTA - Antrean penumpang di Terminal 2 Soekarno Hatta, Kamis (14/5/2020) dinihari menuai protes keras. Anggota Ombudsman Alvin Lie mengaku mendapatkan laporan bahwa ada beberapa penerbangan yang jumlah penumpangnya melampaui batas maksimum dari Permenhub 18 Tahun 2020, yakni setiap pesawat maksimal 50% dari kapasitas.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto mengatakan pihaknya juga akan menindaktegas maskapai yang melanggar ketentuan pembatasan jumlah penumpang.

“Begitu terbukti melanggar aturan, kami akan terapkan sanksi tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata Novie dalam keterangan resminya.

Pihaknya juga mengakui telah menerima laporan mengenai adanya maskapai yang tidak menerapkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Pagi ini langsung kami tindak lanjuti dengan memerintahkan inspektur penerbangan untuk melakukan investigasi lebih lanjut terhadap hal tersebut,” imbuh Novie.

Novie menambahkan pihaknya terus menghimbau kepada seluruh maskapi penerbangan untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku.

“Kami ingatkan agar maskapai tidak melakukan kesalahan yang beresiko terhadap para penumpangnya. Protokol kesehatan harus dilaksanakan oleh seluruh stakeholder penerbangan, tindakan tegas akan diberikan kepada operator penerbangan yang tidak menerapkan peraturan yang ditetapkan,” kata Novie.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini