Share

Mudik Dilarang, Polisi: Lalu Lintas di Jakarta saat Lebaran Bakal Padat

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 14 Mei 2020 16:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 14 338 2214162 polda-metro-siapkan-skenario-antisipasi-kemacetan-saat-lebaran-fyDNcIXRaL.jpg Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo mengatakan lebaran tahun ini akan berbeda dengan sebelumnya. Sebab, masyarakat yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya banyak tak mudik menyusul adanya larangan mudik guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Ya, kemungkinan lebaran tahun ini berbeda dengan lebaran tahun-tahun sebelumnya. Lebaran sebelumnya DKI Jakarta lebih lengang orang mudik ke kampung halamannya masing-masing. Tetapi lebaran tahun ini akan lebih padat,” ungkap Sambodo di Polda Metro Jaya, Kamis (14/5/2020).

Untuk itu, pihaknya tengah menyiapkan skenario pengaturan lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan. Antisipasi yang bakal dilakukan di antaranya dengan memperbanyak petugas turun ke lapangan.

Baca Juga: Kemenag Terbitkan Panduan Ibadah Ramadan & Idul Fitri di Tengah Corona

Mulai dari tempat pemakaman yang biasanya masyarakat berziarah saat lebaran hingga di jalur-jalur yang dianggap rawan dengan kepadatan. “Intinya kami siap menghadapi volume,“ ujar Sambodo.

Diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengambil kebijakan larangan mudik di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Larangan mudik itu berlaku untuk semua golongan masyarakat tanpa terkecuali dan mulai berlaku tanggal 24 April.

"Setelah pelarangan mudik bagi ASN, TNI, Polri dan pegawai BUMN sudah kita lakukan, pada rapat hari ini saya sampaikan bahwa mudik semuanya akan kita larang," kata Jokowi dalam rapat terbatas melalui telekonferensi, Selasa 21 April 2020.

Follow Berita Okezone di Google News

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini