Bawaslu Akan Panggil Airin Terkait Promosi Pejabat di Tangel

Hambali, Okezone · Sabtu 16 Mei 2020 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 16 338 2215008 bawaslu-akan-panggil-airin-terkait-promosi-pejabat-di-tangel-VMIoMob3g3.jpg Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany (Okezone.com/Hambali)

TANGERANG SELATAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) rencananya memanggil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany untuk mengklarifikasi soal perombakan pejabat struktural di pengujung masa jabatan periode keduanya.

Ketua Bawaslu Kota Tangsel, M Acep memastikan akan mengirimkan surat panggilan kepada Airin pada Senin 18 Mei 2020.

Menurut dia, sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 10 tahun 2016 maka pejabat daerah dilarang melakukan pergantian pejabat 6 bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan.

"Ada dalam Pasal 71 ayat 2. Di sana ada keterangan, kecuali mendapatkan persetujuan tertulis dari menteri. Hal ini yang akan kita cek pada pemanggilan nanti. Senin surat pemanggilan kita kirim, ya kita minta Selasa Pemkot datang ke Bawaslu untuk menjelaskan kegiatan pelantikan itu," jelas Acep, Sabtu (16/5/2020).

Walkot Airin Rachmi Diany melantik sejumlah pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) di Balai Kota Tangsel, Ciputat, Jumat 15 Mei kemarin. Mereka yang dilantik diduga loyalis Airin.

"Saya ingatkan bahwa semua OPD bertanggung jawab dalam proses penanganan Covid-19," ucap Airin dalam sambutannya.

 ilustrasi

Pejabat yang dilantik di antaranya Deni Danial. ASN golongan IIIC itu kini menduduki posisi baru sebagai Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan, Pengembangan dan Pengaduan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tangsel. Sebelumnya, dia menjabat Kasubag di Badan Layanan Pengadaan.

Rahayu Sayekti naik jabatan dari kepala bidang menjadi Sekretaris Badan Pendapatan Daerah Tangsel.

Hendri Sumawijaya dari Kabid Bangunan Non Perkantoran Dinas Bangunan dan Penataan Ruang (DBPR) dipromosi menjadi Kepala Bagian Layanan Pengadaan Sekretariat Daerah Kota Tangsel.

Kabid Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan, Iin Sofiawati naik jabatan jadi Kepala Bagian Keuangan dan Perencanaan Sekretariat Daerah Kota Tangsel.

Tubagus Asep Nurdin dari Kabid Pengelolaan Teknologi Informasi, Komunikasi dan Persandian kini dipromosikan jadi Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangsel.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Apendi mengatakan, mutasi jabatan atau perompakan kabinet OPD dilakukan Airin sudah mendapat persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Ada," kata Apendi saat ditanyakan soal izin.

Meski mengklaim sudah mendapat surat persetujuan Kemendagri, namun Apendi tak bersedia menunjukan surat tersebut. Dia berdalih mutasi-promosi jabatan dilakukan Airin tak melanggar aturan meski sisa jabatannya sebagai wali kota tinggal menghitung bulan.

Menurut Ketua Baswaslu Tangsel, jika terbukti melanggar peraturan, maka ada sanksi yang bakal menjerat Walkot Tangsel sesuai Pasal 190 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016.

Di mana disebutkan, pejabat yang melanggar ketentuan Pasal 71 ayat 2 atau Pasal 162 ayat 3 dipidana penjara paling singkat 1 bulan dan paling lama 6 bulan dan atau denda paling sedikit Rp600 ribu dan paling banyak Rp6 juta.

"Itu sanski pidananya. Ada juga sanksi administrasinya kalau dia berstatus petahana dan mencalonkan kembali," tegasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini