Pemprov DKI Hanya Distribusikan Bansos Tahap II ke Jaktim & Kepulauan Seribu

Fadel Prayoga, Okezone · Minggu 17 Mei 2020 10:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 17 338 2215351 pemprov-dki-hanya-distribusikan-bansos-tahap-ii-ke-jaktim-kepulauan-seribu-YLC06n4WFa.JPG Warga DKI Jakarta menerima paket bansos dari pemerintah pusat (Foto: Ist)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah mulai menyalurkan bantuan sosial (bansos) tahap kedua bagi warga terdampak wabah Covid-19 sejak Kamis 14 Mei 2020 lalu.

Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta, Ika Yuli Rahayu menegaskan bahwa pihaknya hanya membagikan bansos tahap kedua tersebut ke wilayah Jakarta Timur (Jaktim) dan Kepulauan Seribu. Hal itu kata dia, merupakan kesepakatan dengan Pemerintah Pusat.

"Kami hanya sasar wilayah Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu saja," kata Ika, saat dikonfirmasi, Minggu (17/5/2020).

Dia menjelaskan, bansos tahap dua DKI Jakarta berupa sembako itu berbeda dengan bansos tahap satu. Di mana kali ini penyaluran sembako dibagi dua dengan pemerintah pusat. Sehingga daerah lainnya nantinya akan didistribusikan oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

"Jadwalnya sama mulai Kamis kemarin sampai 22 Mei mendatang," tandasnya.

Ilustrasi

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta sudah menuntaskan pendataan penerima bansos tahap dua ini. Nantinya para penerima tidak hanya disalurkan bantuan dari Pemprov, namun juga menerima dari pemerintah pusat.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria berujar bahwa total penerima ada sekitar 2.153.196 Kepala Keluarga (KK). Data tersebut kata dia, telah disampaikan ke Kemensos,

Jumlah penerima bansos tahap dua ini melonjak hampir dua kali lipat dari sebelumnya (1,2 juta KK) lantaran ada pengajuan dari berbagai pihak.

"Sehingga data awal tadi ditambah data tambahan dan ditambah data usulan RT RW berjumlah kurang lebih 2.153.196 KK," kata Riza beberapa waktu lalu.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini