nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dewan Masjid DKI Jakarta Perbolehkan Takbiran di Masjid, tapi Ada Syaratnya

Achmad Fardiansyah , Okezone · Jum'at 22 Mei 2020 19:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 05 22 338 2218221 dewan-masjid-dki-jakarta-perbolehkan-takbiran-di-masjid-tapi-ada-syaratnya-4ISAD4cI9a.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta meminta masyarakat tetap mengumandangkan takbir Idul Fitri 1441 Hijriah yang jatuh pada 24 Mei 2020 di rumah.

Kendatu begitu, pihaknya memperbolehkan masyarakat takbiran di masjdi dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

"Insya Allah besok malam kita sudah takbir, ini lah satu rangkaian acara ibadah ramadan setelah puasa. tahun sebelumnya kita ramaikan di masjid di tanah lapang dan sebagainya. Nah, tahun ini sesuai dengan adanya wabah covid mengajak, mari sama-sama syiarkan masjid mengumandangkan kalimat takbir tapi tetap menjaga protokol covid dengan minimal, tak lebih dari lima orang secara bergantian," kata Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Makmun Al-Ayyubi Al-Ayyubi kepada wartawan, Jumat (22/5/2020).

Dirinya juga meminta masyarakat untuk tetap menghindari kerumumnan, dan meminta warga melaksanakan Shalat Id Idul Fitri di rumah dan berjamah dengan anggota keluarga.

"Kalau dulu kita dari rumah berbondong menuju masjid di lapangan dan lain-lain berbeda tahun ini kami ajak, laksanakan Shalat Idul Fitri, pindahkan ke rumah kita. Berjamaah dengan keluarga, kalau perlu kepala keluarga jadi imam dan khotib," ujarnya.

Baca Juga : Shalat Id di Jakarta Belum Aman Jika Dilaksanakan di Masjid atau Lapangan

Terakhir, Makmum meminta agar masyarakat mematuhi aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilaksanakan dengan baik, sebab menginkuti aturan pemerintah itu wajib.

"Perpanjang PSBB sampai 4 Juni, harapan kita ini dapat dipatuhi kita semua, mematuhi pemimpin hukumnya wajib," tutupnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini