nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Satpol PP DKI Pasrah Pedagang Tanah Abang Menjamur saat Masa PSBB

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Sabtu 23 Mei 2020 16:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 05 23 338 2218600 satpol-pp-dki-pasrah-pedagang-tanah-abang-menjamur-saat-masa-psbb-oat5zZl3tK.jpg ilustrasi: okezone

JAKARTA - Aktivitas perdagangan kembali padat sehari jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah atau Lebaran 2020 di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (23/5/2020).

Pantauan Okezone di lokasi, para pedagang dan pembeli tak menerapkan physical distancing sebagaimana yang diatur dalam protokoler kesehatan.

Mereka tak mempedulikan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang masih berlangsung di wilayah Ibu Kota hingga 4 Juni mendatang. Namun, para pembeli dan pedagang tetap menggunakan masker saat melakukan aktivitas jual beli.

Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin memastikan bahwa aktivitas perdagangan di Tanah Abang masih terkendali. Ia menegaskan bahwa pihaknya sudah kerap kali menindak para pedagang meskipun tak menampik bahwa para pedagang dan pembeli tak menerapkan physical distancing.

"Masih terkendali. Ya kita tetap nggak berhenti ya. Pedagang itu cari celah terus, cari lemahnya petugas di situ. Kalau untuk menegur dan membubarkan itu sudah sering sekali kita lakukan. Tapi ketika kita lengah mereka kembali lagi," kata Arifin saat dihubungi Okezone, Sabtu (23/5/2020).

Arifin mengatakan bahwa aktivitas perdagangan Pasar Tanah Abang kembali padat lantaran umat Islam akan menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri yang akan berlangsung besok, Minggu 24 Mei 2020. "Ini kan akan menjadi kebutuhan pokok mereka," ucap Arifin.

Ia mengatakan, pihaknya menerjunkan 120 petugas Satpol PP untuk memantau jalannya aktivitas perdagangan di Tanah Abang sesuai protokoler kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Selain itu, petugas Satpol PP juga menerjunkan mobil yang terus mengingatkan para pedangan dan pembeli agar tetap menjaga jarak aman.

"Kita juga beberapa ada yang tidak pakai masker, kita juga berikan masker. Kita siapkan masker. Nanti kita cori solusi lebih baik lho," ujarnya.

Arifin mengatakan, sebanyak 120 anggota Satpol PP yang diterjunkan di Tanah Abang terus melakukan penjagaan mulai dari Pasar Blok G, Pasar Blok A, menuju Jalan KH Mas Masyur, hingga ke Jatibaru.

Ia menerangkan bahwa saat ini banyak pedagang musiman yang memanfaatkan momen Lebaran dengan berjualan di Tanah Abang.

"Para pedagang itu sambilan. Ada yang hari ini datang, ada yang lihat Satpol PP jadi ragu-ragu nggak jadi dagang. Kalau diusir juga nggak dagang. Tapi yang punya toko itu juga bisanya dorong teralisnya jadi ke jalan tapi kita jaga terus kok. Ada anggota kita di sana," tandasnya.

 

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini