nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polda Metro Jaya Pastikan Belum Ada Pergerakan Massa untuk Takbiran Keliling

Pernita Hestin Untari, Okezone · Sabtu 23 Mei 2020 19:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 05 23 338 2218618 polda-metro-jaya-pastikan-belum-ada-pergerakan-massa-untuk-takbiran-keliling-kVeKE3JNte.jpg (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Kadib Humas Polda Metro Jaya, Kombes Polri Yusri Yunus mengungkapkan pihaknya belum mendapatkan laporan terkait pergerakan massa yang akan melakukan takbiran keliling. Ia menambahkan bahwa mengarahkan personel untuk mencegah terjadinya takbiran guna mengurangi rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

“Tapi laporan hingga saat ini belum ada takbiran. Bhabinkamtibmas yang bergerak dengan Babinsa TNI AD dan pihak RT/RW telah mengisyaratkan bahwa takbir keliling itu dilarang, sebelum melakukannya akan kita cegah,” kata Yusri melalui tayangan di iNews TV, Sabtu (23/5/2020).

Meskipun belum ada laporan bergerakan massa, Yusri mengungkapkan pihaknya akan tetap melakukan patroli berskala besar. Ia bahkan mengerahkan sekira 3.000 personel untuk memastikan tak adanya takbiran keliling di Jakarta. Mereka akan disebar di seluruh lima wilayah kota administrasi, bahkan ada juga yang lakukan patroli di jalanan.

“Kekuatan operasi ketupat sekitar 3000 petugas. Kita lakukan juga patroli secara preventif. Lagi pula sudah dianjurkan MUI untuk tidak melakukan takbiran,” kata dia.

Menurunya, petugas patroli akan tetap mengimbau warga. Namun ketika warga tidak mengindahkan maka akan ada sanksi pidana dan denda.

Warga yang tetap melawan maka bisa gunakan UU No 6 Tahun 2018 pasal 93 ayat 9 karantina kesehatan dan ancaman satu tahun penjara serta denda, namun itu upaya terkhir, katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan tetap berada di rumah.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini