Kebun Raya Bogor Tiadakan Sholat Idul Fitri 1441 H

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Sabtu 23 Mei 2020 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 23 338 2218628 kebun-raya-bogor-tiadakan-sholat-idul-fitri-1441-h-5J65lvz8Hr.jpg Ilustrasi (Dok Okezone)

BOGOR  – Sholat Idul Fitri 1441 Hijriah ditiadakan di Kebun Raya Bogor. Padahal pada tahun-tahun sebelumnya, Kebun Raya Bogor jadi tempat umat Islam melaksanakan Sholat Idul Fitri.

Namun, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sholat Id kali ini ditiadakan karena pandemi Covid-19.

"Sholat Id tahun ini (di Kebun Raya Bogor) ditiadakan," kata Humas Kebun Raya Bogor Zainal Arifin, saat dihubungi Okezone, Sabtu (23/5/2020).

Menurutnya, kebijakan tersebut merujuk Peraturan Pemerintah Kota Bogor terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serta anjuran Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait penyelenggaraan ibadah solat Idul Fitri untuk menghindari penyebaran covid-19.

"Jadi berdasarkan peraturan itu (sholat Idul Fitri di Kebun Raya Bogor) ditiadakan," ucapnya.

Kebijakan ini, tambah Zainal, telah disosialisasikan dengan pemasangan spanduk-spanduk di seputaran Kebun Raya Bogor juga melalui media sosial.

"Sudah kita mulai pasangkan spanduk-spanduk (pemberitahuan)," tutup Zainal.

Sebagaimana diketahui, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengatakan tahun ini tidak ada pelaksanaan sholat Idul Fitri berjamaah di masjid atau di lapangan.

Hal itu telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 9 tahun 2020 yaitu tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Larangan sholat Idul Fitri di masjid dan lapangan juga bersandar pada Undang-Undang Nomor 6 tahun 2018 tentang karantina kewilayahan yakni dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.


Baca Juga : Polda Jabar Larang Warga Gelar Takbir Keliling

Dalam aturan itu disebutkan kegiatan keagamaan masif yang menimbulkan atau menghadirkan kumpulan orang banyak dilarang atau termasuk yang dibatasi oleh peraturan perundang-undangan.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini