Anies: Manfaatkan Teknologi untuk Silaturahmi saat Idul Fitri

Pernita Hestin Untari, Okezone · Minggu 24 Mei 2020 10:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 24 338 2218830 anies-manfaatkan-teknologi-untuk-silaturahmi-saat-idul-fitri-EXuKvAclV3.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan bahwa pandemi virus corona (Covid-19) tidak menghalangi masyarakat untuk saling bersilaturahmi saat Idul Fitri 1441 Hijriyah. Masyarakat bisa memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi agar tetap terlindungi dari corona.

"Kali ini, kita menyapa memohon maaf, bersilaturahmi memanfaatkan teknologi tetap bisa menjaga ikatan silaturahmi tapi bukan secara fisik, tapi memanfaatkan teknologi, menjangkau saudara, menjangkau keluarga, menjangkau kolega," kata Anies dalam sebuah video yang diunggah akun Instagram Pemprov DKI Jakarta, Minggu (24/5/2020).

Anies mengungkapkan, lebaran tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pemerintah telah melarang masyarakat untuk mudik, meskipun demikian Anies menambahkan bahwa hal tersebut justru dapat melindungi orangtua dan keluarga sehingga tidak terpapar virus corona.

"Kita semua sadar 1 Syawal yang kita rayakan kali ini berbeda suasananya dengan 1 Syawal yang pernah kita alami Idul Fitri adalah silaturahmi Idul Fitri adalah mendatangi orangtua, mendatangi keluarga, mendatangi kolega. Tahun ini justru kita harus melindungi orangtua kita," katanya.

Anies berharap, lebaran tahun ini membawa keberkahan bagi seluruh umat manusia dan mampu memerangi pandemi virus corona sekarang ini.

"Dan Insya Allah puasa di bulan Ramadhan membawa kita benar-benar mencapai derajat mutaqin. Insya Allah kita semua termasuk golongan orang-orang meraih kemenangan orang-orang yang Insya Allah dengan kedisiplinannya akan bisa benar-benar kita semua menang menghadapi Covid-19 ini," kata Anies.

Di kesempatan yang sama, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria ingin warga Jakarta juga mampu menuntaskan kedisiplinannya untuk memerangi virus corona.

"Sampai masa ini bisa kita kendalikan tak terkecuali pada lebaran ini di antaranya menyambutnya datangnya 1 syawal penuh kesederhanaan dengan meniadakan takbir keliling dan menggantinya dengan menyerukan gema takbir kita di rumah masing-masing begitu juga dengan Sholat Idul Fitri yang biasa kita kerjakan di masjid atau lapangan mari kita pindahkan ke dalam rumah," kata Ahmad.

Anies terus mengimbau agar warga tetap berada di rumah menghindari kerumunan, disiplin menggunakan masker serta rajin mencuci tangan dengan sabun. Tujuannya semata-mata untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini