Tak Punya SIKM, 2 Pengemudi Diminta Putar Balik di Check Point UI

Fadel Prayoga, Okezone · Senin 25 Mei 2020 18:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 25 338 2219379 tak-punya-sikm-2-pengemudi-diminta-putar-balik-di-check-point-ui-I75ePa11lV.jpeg Petugas berjaga saat PSBB. (Foto : Dok Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA – Dua pengemudi mobil asal luar Jabodetabek yang melintas di kawasan posko check point Universitas Indonesia (UI) diputar balik oleh Satpol PP DKI Jakarta, Senin (25/5/2020). Hal tersebut karena mereka tak bisa menunjukkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) wilayah Ibu Kota.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan Pergub No 47 Tahun 2020 yang mengatur tentang mekanisme perizinan bagi penduduk Jakarta saat keluar kawasan Jabodetabek dan penduduk dari luar Jabodetabek saat masuk ke Jakarta melalui SIKM Wilayah Provinsi DKI Jakarta.

"Untuk hari ini ada 2 yang disuruh balik. Mereka KTP luar Jabodetabek," kata Kepala Pengendali Satpol PP Pos Pantau UI, Nurhadi kepada wartawan, Senin (25/5/2020).

Ia menjelaskan, berdasarkan intruksi dari Kasatpol PP DKI Jakarta, Arifin, dirinya diminta melakukan pengawasan ketat terkait penindakan Pergub No 47 Tahun 2020.

Kegiatan Pengawasan PSBB di Check Point Kamal

"Kita sekarang itu ditekankan pimpinan untuk (pengawasan) di Pergub 47, konsentrasi di SIKM," ujarnya.

Terkait penindakan Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 41 tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi Terhadap Pelanggaran Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Penanganan Covid-19 di Provinsi Daerah Ibu Kota DKI Jakarta, ia menyatakan sedikit melonggarkannya.

"Kalau untuk Pergub 41 itu sudah ada dilonggarkan. Itu petunjuk pimpinan seperti itu," ujarnya.


Baca Juga : Cegah Arus Balik Lebaran di Tengah Covid-19, Korlantas Siapkan 300 Titik Penyekatan

Ia menyebut tak mengetahui sampai kapan pelonggaran penindakan Pergub 41 itu akan berlaku sampai kapan. "Kita tunggu perintah dari pimpinan. Kebijakan itu ada di kasatpol tingkat kota," kata dia.

(erh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini