Mal di Jakarta Kembali Buka 5 Juni, Anies: Itu Hanya Imajinasi

Fadel Prayoga, Okezone · Selasa 26 Mei 2020 23:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 26 338 2220038 mal-di-jakarta-kembali-buka-5-juni-anies-itu-hanya-imajinasi-1lTAnZ8DbX.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyebut pihaknya belum memutuskan untuk kembali membuka mal pada penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap ketiga berakhir, yaitu 5 Juni 2020 mendatang.

Ia menegaskan, bila ada pihak yang mengklaim bahwa Pemprov DKI sudah mengizinkan operasional pusat perbelanjaan, itu hanya bualan belaka. Pasalnya, hingga kini belum ada aturan yang melonggarkan aktivitas mal kembali dibuka.

"Kalau saat ini ada yang mengatakan mal akan buka tanggal 5 Juni, mal buka tanggal 7, itu imajinasi. Itu fiksi karena belum ada aturan manapun yang mengatakan PSBB diakhiri," kata Anies saat meninjau pos pembatasan mobilitas orang ke Jakarta di KM 47 Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat, Selasa (26/5/2020).

Ia mengaku belum memutuskan PSBB fase ketiga ini merupakan yang terakhir atau tidak. Sebab, pihaknya masih menunggu data penelitian dari pakar epidemiologi terkait perkembangan virus corona atau Covid-19 di wilayah Ibu Kota.

"Saya selalu mengatakan PSBB ini bisa menjadi PSBB penghabisan, tetapi bisa juga diperpanjang, tergantung pantauan atas aktivitas masyarakat saat ini," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Ellen Hidayat mengungkapkan terdapat 64 Mal yang akan dibuka kembali.

Pembukaan mal ini menunggu berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap 3 berakhir pada 4 Juni 2020. Ada 60 mal yang dibuka pada 5 Juni 2020 dan 4 lainnya pada 8 Juni 2020.

Baaca Juga : Khofifah Minta Warganya Tak Kembali ke Jakarta Sementara Waktu

Ellen menambahkan pembukaan kembali mal tersebut berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) No. 489 Tahun 2020. Menurut Ellen pengelola mal nantinya akan mengikuti pedoman protokol kesehatan yang akan diedarkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) atau Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pembukaan mal tersebut tampaknya menjadi awal baru atau new normal yang akan diterapkan Pemerintah, demi menggerakan roda ekonomi akibat pandemi virus corona (Covid-19) yang sempat terhenti.

(aky)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini