Gara-Gara Puntung Rokok, TPA Rawa Kucing Tangerang Terbakar

Isty Maulidya, Okezone · Rabu 27 Mei 2020 14:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 27 338 2220348 gara-gara-puntung-rokok-tpa-rawa-kucing-tangerang-terbakar-jrKLT8j3PN.jpg TPA Rawa Kucing di Tangerang yang terbakar (foto: Okezone.com/Isty)

TANGERANG - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing Kota Tangerang kebakaran. Kebakaran tersebut telah menghanguskan gundukan sampah sepanjang 20 meter. Saat ini situasi di lokasi kejadian sudah berangsur normal kembali.

"Kejadiannya kemarin, dan alhamdulillah sudah beres lalu proses pendinginan," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dedi Suhada kepada wartawan, Rabu (27/5/2020).

Dedi menuturkan, bahwa kebakaran diketahui berdasarkan laporan pemulung, yang melihat ada kebakaran di salah satu gundukan sampah TPA. Begitu mendapat laporan, pihaknya langsung menangani kebakaran sehingga api tidak menyebar terlalu luas. Sementara itu, penyebab terjadinya kebakaran di gundukan sampah tersebut diduga akibat ada yang membuang puntung rokok di bawah gundukan sampah.

 Kebakaran

"Akhirnya dicek, jad langsung bergerak. Itu penyebabnya memang kita sementara ini kemungkinan ada yang membuang puntung rokok. Memang kebetulan cuaca kebetulan panas juga beberapa hari ini," tutur dia.

Menurut Dedi, kebakaran juga tidak terjadi akibat ledakan gas metana. Sebab, gas metana akan terbakar jika ada api yang menyulut. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut serta api tidak melebar lebih luas lagi.

"Tidak terjadi ledakan, gas metan kalau tidak ada yang menyulut, itu tidak akan terbakar. Tap kalau ada sulutan api itu bisa langsung menimbulkan kebakaran meski puntung rokok sekalipun," pungkasnya.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini