Share

Tak Miliki SIKM, 2 Penumpang Kereta Asal Surabaya Jalani Karantina di GOR Gambir

Fadel Prayoga, Okezone · Kamis 28 Mei 2020 19:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 28 338 2221159 tak-miliki-sikm-2-penumpang-kereta-asal-surabaya-jalani-karantina-di-gor-gambir-McAZhtk9Gl.jpg Pemudik saat diperiksa petugas gabungan di Stasiun Gambir (foto: Okezone.com/Fadel)

JAKARTA - Sebanyak dua penumpang kereta asal Stasiun Pasar Turi, Surabaya, Jawa Timur yang turun di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat pada Kamis (28/5/2020) sore terpaksa harus menjalani karantina selama 14 hari di GOR Gambir. Mereka harus jalani sanksi itu karena tak bisa menunjukkan kepemilikan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) kepada aparat Satpol PP Jakarta Pusat.

Kepala Satpol PP Jakarta Pusat, Bernard Tambunan menyebut alasan pihaknya mengkarantina kedua orang itu lantaran mereka melanggar Pergub 47 tahun 2020. Regulasi tersebut mewajibkan setiap orang yang akan keluar dan masuk Ibu Kota wajib mempunyai SIKM.

"Pengawasan terhadap penumpang kereta yang pertama, sebanyak 30 orang. Terdapat dua orang yang tidak punya SIKM," kata Bernard di lokasi.

 new normal

Ia menjelaskan, kedua orang itu merupakan warga KTP Jakarta. Namun, dia tak menjelaskan secara rinci ihwal alamat rincinya. Selanjutnya, pada pemeriksaan kereta kedua total penumpang ada 10 orang. Rinciannya, tujuh penumpang memiliki SIKM dan tiga lainnya tidak, tapi termasuk orang yang dikecualikan dalam penegakan Pergub 47 tahun 2020.

Bernard menambahkan, jika ada penumpang yang kedapatan tak memunyai SIKM akan langsung dipisahkan. Selanjutnya ada dua kebijakan yang harus dipatuhi, dikarantina atau dipulangkan ke daerah asalnya.

"Pertama, kami kembalikan ke tempat asalnya. Kedua, dikarantina di tempat disediakan gugus tugas Covid-19 selama 14 hari," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini