Warga Bogor Digegerkan Temuan Kerangka Manusia Misterius dan Benda Purbakala

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Jum'at 29 Mei 2020 09:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 29 338 2221331 warga-bogor-digegerkan-temuan-kerangka-manusia-misterius-dan-benda-purbakala-RU6geOVTGH.jpg Kerangka manusia dan benda purbakala ditemukan di Cigorowong, Cileungsi, Bogor (Istimewa)

BOGOR - Warga Kampung Cigorowong, Desa Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor digegerkan dengan temuan kerangka manusia misterius dan benda purbakala diduga peninggalan Belanda.

Temuan tersebut berawal saat salah serang warga setempat Rafi Almuniri tengah menggali tanah untuk septic tank rumahnya pada Rabu 27 Mei 2020 lalu.

"Penggalian pertama hari Selasa, terus dilanjut hari Rabu baru ke dalaman sekitar 3,5 meter ditemuin kerangka manusia gitu. Kondisinya berantakan yang terlihat tengkorak, tangan sama kaki," kata Rafi, saat dihubungi Okezone, Jumat (29/5/2020).

Selain itu, di dekat kerangka manusia tersebut ditemukan 4 keping uang koin yang bertuliskan tahun 1837 dan juga perhiasan berupa satu buah cincin warna hitam yang dikenakan di bagian jari kerangka.

"Koinnya ada dua macem, ada koin gambar mahkota dan gambar singa, lion. Satu lagi koin belanda Leiden Indie tahun 1837. Terus ada tusuk konde di bagian kepala sama kaca, kacanya udah ancur," jelasnya.

Kemudian, lanjut Rafi, tengkorak manusia iru diangkat dan dipindah untuk dikuburkan kembali di tanah wakaf pemakaman kampung setempat.

"Sekarang sudah dipindahkan, dikubur di tempat wakaf, pemakaman. Benda-bendanya ada di rumah saya, mungkin disimpen dulu aja," ungkap Rafi.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini