Sholat Jumat Perdana Selama PSBB, Bima Arya : Emosional dan Terharu

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Jum'at 29 Mei 2020 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 29 338 2221532 sholat-jumat-perdana-selama-psbb-bima-arya-emosional-dan-terharu-su1fUb94LU.jpg Wali Kota Bogor, Bima Arya, usai sholat Jumat di Masjid Baitur Ridwan, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jumat (29/5/2020). (Foto : Okezone.com/Putra Ramadhani Astyawan)

BOGOR – Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto terharu bisa kembali melaksanakan sholat Jumat berjamaah di masjid setelah sempat ditiadakan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

"Agak emosional ya, terharu sekali ya karena sudah lama tidak dengar qomat di dalam masjid, sudah lama enggak jamaah di dalam masjid rasanya susah diungkapkan dengan kata-kata," kata Bima, usai sholat Jumat di Masjid Baitur Ridwan, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jumat (29/5/2020).

Bima mengatakan, kembali diaktifkan kegiatan ibadah berjamaah di masjid ini setelah adanya landasan ilmiah dari pakar epidemiologis bahwa kondisi penularan Covid-19 cukup terkendali dan melandai.

"Oleh karena itu, sudah bisa dimulai langkah-langkah yan baru. Ikhtiar kita oleh pemerintah, tim medis, dan semua, tetapi ujung-ujungnya karena kuasa Allah. Kita yakini kepada Allah tempat ibadah adalah jalan utama kita menang melawan Covid-19 dengan bismillah Pemkot Bogor mulai mengizinkan masjid-masjid di Kota Bogor untuk kembali menyelenggarakan aktivitas beribadah bersama," ucapnya.

Terapkan Protokol Kesehatan, Masjid Agung Al Barkah Gelar Sholat Jumat

Meski demikian, lanjut Bima, masjid yang hendak kembali menggelar sholat berjamaah tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan mendaftar ke pihak kelurahan untuk mendapat izin.

"Jadi ada sekitar 875 masjid di Kota Bogor semua akan didata dan nanti setiap masjid mengajukan permohonan kepada kelurahan agar disetujui wali kota untuk diizinkan, kita data yang rapi. Saya harap semua masjid melakukan protokol kesehatan sesuai kapasitas masing-masing," ujarnya.

Selain itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan TNI-Polri untuk bisa ikut mengamankan area masjid terutama agar protokol kesehatan tetap terjaga.


Baca Juga : Wawali Kota Bogor : Masjid Boleh Gelar Sholat Jumat dengan Protokol Covid-19

"Kita akan berkordinasi bersama TNI-Polri untuk turun karena kita tidak ingin ada kerumunan, kita ingin menjaga sistemnya. Tahap awal ini betul-betul kita seleksi sekali nantinya masjid yang betul dikeluarkan izinnya aja. Jangan sampai ada masjid di luar kendali nanti bisa jadi sumber penularan," tutur Bima.


Baca Juga : Jelang New Normal, Masjid Istiqlal Belum Menggelar Sholat Jumat

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini