PSBB Masa Transisi, Ini Alasan Anies Perpanjang Pembatasan Sosial di Jakarta

Qur'anul Hidayat, Okezone · Kamis 04 Juni 2020 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 04 338 2224404 psbb-masa-transisi-ini-alasan-anies-perpanjang-pembatasan-sosial-di-jakarta-JI0N4gMSyX.PNG Anies Baswedan.

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memutuskan untuk memperpanjang pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Anies mengatakan, perpanjangan di bulan Juni 2020 sebagai PSBB masa transisi.

Anies menyampaikan, berdasarkan data analisis dari Tim Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI), pembatasan sosial di Jakarta bisa dilonggarkan. Hasil itu berdasarkan skor yang diperoleh dari tiga faktor, yakni epidimiologi, kesehatan publik dan fasilitas kesehatan.

Epidimiologi mendapat skoir 75, kesehatan publik 70 dan fasilitas kesehatan 100. Total skornya adalah 76. Skor di atas 70 menunjukkan bahwa pembatasan sosial bisa dilonggarkan, dengan tetap mewaspadai potensi lonjakan kasus.

Baca juga: PSBB DKI Jakarta Kembali Diperpanjang

"Dengan total skor itu artinya, pembatasan sosial dapat mulai dilonggarkan. Jika di atas 70 dapat mulai dilonggarkan secara bertahap, tapi tetap waspada lonjakan kasus. jadi kalau melihat ini, Jakarta sudah bsia bergerak menuju fase pelonggaran," kata Anies Baswedan, dalam konferensi pers live streaming, Kamis (4/6/2020).

Anies Baswedan.

Selain itu, kata Anies, Jakarta dalam konteks data kasus Covid-19 di Indonesia, per 3 Juni 2020, sudah melandai.

"Melihat ini, Jakarta mulai terkendali," kata Anies.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini