Sejumlah Hal yang Perlu Diperhatikan di Masa PSBB Transisi, Apa Saja?

Pernita Hestin Untari, Okezone · Sabtu 06 Juni 2020 12:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 06 338 2225448 sejumlah-hal-yang-perlu-diperhatikan-di-masa-psbb-transisi-apa-saja-BbBpgJgNM0.jpg Masyakarat mengenakan masker di tengah merebaknya virus korona. (Foto: Okezone.com/Dede Kurniawan)

JAKARTA – DKI Jakarta memasuki fase Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi. Beberapa kegiatan sosial dan ekonomi sudah mulai dibuka secara bertahap dengan protokol kesehatan Covid-19. Perkantoran, tempat ibadah, pusat perbelanjaan dan tempat rekreasi akan mulai dibuka setelah sebelumnya ditutup.

Meski demikian, harus ada beberapa hal yang harus diperhatikan masyarakat. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan, hanya warga sehat yang diperbolehkan berkegiatan di luar rumah, sementara warga yang sakit dilarang bepergian.

Tidak hanya itu, beberapa sektor yang sudah mulai dibuka kembali juga harus menjaga kapasitas hingga 50 persen dan menerapkan physical distancing.

Masyarakat yang beraktivitas di luar rumah harus selalu mengenakan masker demi menghindari penularan virus corona atau Covid-19. Jika tidak, warga harus membayar denda Rp250 ribu.

Baca juga: Berikut 10 Aturan bagi Penumpang Transjakarta Selama PSBB Transisi

"Ada kewajiban mengenakan masker, selalu pakai masker di luar rumah, jangan sampai enggak pakai, jika tidak memakai masker, kena denda Rp250 ribu," kata Anies dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk terus disiplin di tengah masa transisi, dengan mencuci tangan dengan sabun secara rutin, menerapkan etika batuk dan bersin. Warga lanjut usia, ibu hamil dan anak-anak belum diperbolehkan bebas berkegiatan di luar rumah.

Anies menambahkan, jika terjadi lonjakan kasus positif corona di masa transisi, maka seluruh kegiatan yang dilonggarkan akan dibatasi kembali. Namun sebaliknya, jika tak terjadi lonjakan kasus, maka Jakarta akan masuk pada fase berikutnya dengan lebih banyak pelonggaran.

(qlh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini