Niat Ambil Kelapa Jatuh, Warga Bogor Temukan Ranjau Darat

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Selasa 09 Juni 2020 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 338 2226906 niat-ambil-kelapa-jatuh-warga-bogor-temukan-ranjau-darat-Q00ABcl9EJ.jpg Warga Bogor digegerkan temuan ranjau darat. (Ist)

BOGOR – Warga di Kampung Cicadas Subur, RT 02 RW 09, Desa Cicadas Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dikejutkan dengan temuan alat peledak berupa ranjau darat di area perkebunan.

Komandan Kodim 0621/Kabupaten Bogor, Letkol Inf Sukur Hermanto mengatakan, ranjau darat tersebut pertama kali ditemukan warga yang hendak mengambil buah kelapa di area perkebunan dekat proyek pondok pesantren pada Senin, 8 Juni 2020.

"Menurut keterangan dari saksi menemukan ranjau darat tersebut saat saksi sedang mengambil kelapa yang jatuh dari pohon di lokasi proyek," kata Sukur, saat dikonfirmasi Okezone, Selasa (9/6/2020).

Warga Bogor digegerkan temuan ranjau darat. (Ist)

Saat itu, warga melihat benda terbuat dari besi berbentuk bulat yang mencurigakan di bawah pohon kelapa dengan kondisi sebagian terkubur tanah.

"Saksi memperperhatikan temuan benda itu ternyata ranjau darat. Kemudian saksi langsung melapor ke Babinsa dan Binmas desa setempat," ujar Sukur.

Kemudian, sekira pukul 08.30 WIB pagi tadi benda yang diduga ranjau TNT 17 itu dievakuasi tim Jihandak Brimob Polda Jabar untuk selanjutnya dibawa ke Denpal TNI Kota Bogor guna pemeriksaan.

"Sudah dibawa tadi pagi ke Denpal," katanya.

Dia mengaku belum mengetahui pasti asal ranjau darat yang diduga masih kondisi aktif tersebut. Pihaknya pun akan kembali memantau sekitar lokasi temuan dan mengimbau warga agar berhati-hati.


Baca Juga : Bocah Kecil Temukan 3 Granat Nanas Aktif di Tambak

"Bentuknya utuh. Masih diselidiki, belum bisa dipastikan. Yang jelas kita tidak pernah latihan di sana menggunakan bahan peledak besar. Kita masih pantau, ada kemungkinan (masih ada lagi-red) kita sampaikan warga untuk waspada," tuturnya.


Baca Juga : Warga Serang Digegerkan Penemuan 91 Peluru dan Granat Tangan Aktif

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini