14 Pedagang Positif Corona, Camat Ingin Pasar Rawasari Berlakukan Ganjil-Genap

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 12 Juni 2020 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 338 2228967 14-pedagang-positif-corona-camat-ingin-pasar-rawasari-berlakukan-ganjil-genap-gSqkTNI2so.jpg Pasar Rawasari (Foto : Okezone.com/Fahreza)

JAKARTA - Pasar Rawasari atau Rawa Kerbau yang terletak di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, ditutup selama tiga hari karena 14 pedagangnya terpapar virus corona. Mereka dinyatakan positif Covid-19 setelah mengikuti tes swab.

Camat Cempaka Putih, Andri Ferdian mengatakan, penutupan sementara Pasar Rawasari ditujukan untuk penataan ulang protokol kesehatan Covid-19. Jika protokol tersebut sudah selesai dibuat oleh pengelola, pasar tersebut bisa dibuka kembali.

Ia berharap, format protokol kesehatan yang dibuat pengelola pasar sesuai dengan anjuran pemerintah. Misalnya saja memberlakukan sistem ganjil-genap terhadap kios, agar mengurangi kepadatan penjual atau pembeli.

"Saya sudah koordinasikan dengan kepala pasar toling gimana format ke depannya, minimal genap-ganjil untuk kurangi kerumunan pedagang dan pembeli, pintu keluar masuknya, penempatan westafel, penggunaan masker," kata Andri kepada Okezone di Jakarta, Jumat (12/6/2020).

Andri berharap pengelola pasar segera merampungkan proses pembuatan protokol kesehatan di Pasar Rawasari selama masa penutupan tiga hari ini. Jika sampai batas yang ditentukan format protokol kesehatan belum dipenuhi, ia tak segan untuk memperpanjang penutupan pasar tersebut.

"Kalau belum, ya mohon maaf kami enggak mau gambling. Ini kan RW-nya zona merah, pasarnya juga zona merah, kita enggak mau kecolongan, ya kita mohon maaf kalau kita tegakkan aturan yang berlaku," tegasnya.

Baca Juga : Berita Baik, 50 Persen Pasien Covid-19 di Bengkulu Dinyatakan Sembuh

Andri mengaku hingga kini masih menunggu format protokol kesehatan Covid-19 yang dibuat oleh pengelola pasar. Ia berharap aturan yang diterapkan nantinya bisa meminimalisir penularan corona.

"Itu kita tunggu dari pasar, format apa yang tepat," pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini