Kecurigaan Perusahaan Kargo Bantu Polisi Ungkap Penyelundupan 336 Kg Ganja

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 14 Juni 2020 09:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 14 338 2229724 kecurigaan-perusahaan-kargo-bantu-polisi-ungkap-penyelundupan-336-kg-ganja-hWSaEbOBr4.jpg Foto: iNews TV.

JAKARTA – Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Metro Jakarta Timur pekan ini berhasil mengungkap upaya penyelundupan 336 kilogram ganja dari Aceh.

Ratusan kilogram ganja yang disita dari sebuah tempat jasa pengiriman barang di wilayah Bambu Apus, Jakarta Timur itu diselundupkan dengan dimasukkan ke dalam sofa.

Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Nana Sudjana mengatakan, terungkapnya kasus itu bermula dari kecurigaan perusahaan kargo terhadap dua pengiriman sofa dari Aceh ke Indonesia yang dilakukan melalui jasa mereka pada 9 Mei 2020.

Perusahaan kemudian menghubungi penerima paket yang berinisial J. Ketika itu J mengaku sedang berada di luar kota dan akan mengambil paket tersebut pada lusa.

Kecurigaan perusahaan tidak hilang, hingga kemudian menghubungi Polres Metro Jakarta Timur. Polisi pun menghubungi penerima paket dan mengecek alamat penerima paket yang ternyata merupakan alamat fiktif.

"Sampai hari H, barang tersebut tidak diambil. Kami kemudian mengecek ke alamat yang bersangkutan di Cilandak Barat, Jakarta Selatan," jelas Irjen Nana dalam keterangan pers pada Jumat (12/6/2020).

Polisi turut curiga dengan sofa yang dikirimkan itu. Berdasarkan kecurigaan ini sofa pun dibongkar. Hasilnya, ditemukan 336 kg ganja kering.

Saat ini polisi masih memburu pengirim maupun penerima paket. Keduanya saat ini sudah tidak bisa dihubungi.

"Alamat penerima, J, palsu. Sampai satu bulan dia enggak ambil barang tersebut. Dalam hal ini kami terus upaya lidik atau pun pelacakan ke yang bersangkutan baik penerima atau pengirim," kata Nana.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini