Ganjil-Genap Diterapkan di Pasar, Pemprov DKI Diminta Perkuat Protokol Kesehatan

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Senin 15 Juni 2020 07:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 15 338 2230016 ganjil-genap-diterapkan-di-pasar-pemprov-dki-diminta-perkuat-protokol-kesehatan-cKdvkqlGiu.jpg Pasar Gondangdia. (Foto : Okezone.com/Fadel Prayoga)

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menerapkan sistem ganjil-genap di pasar tradisional saat pembatasan sosial bersekala besar (PSBB) transisi. Penerapan ganjil-genap di pasar mulai berlaku pada hari ini, Senin (15/6/2020).

Merespons hal tersebut Ketua Bidang Infokom DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), Reynaldi Sariwojan mengatakan, seharusnya opsi penerapan ganjil genap di pasar tradisional adalah sebuah opsi akhir saat pandemi virus corona (Covid-19) ini.

Karena menurutnya, langkah awal yang harus dilakukan Pemprov DKI adalah memperkuat penerapan protokol kesehatan.

Toko-Toko di Pasar Baru Mulai Dibuka Jelang New Normal

"Ini sebenarnya pilihan terakhir, ada langkah-langkah yang harus disiapkan pemda terlebih dahulu, salah satunya adalah memperkuat protokol kesehatan," kata Reynaldi saat dihubungi Okezone di Jakarta, Senin (15/6/2020).

Ia melanjutkan, protokol kesehatan yang perlu disiapkan Pemprov DKI Jakarta adalah menyiapkan sekat plastik antara pedagang dan pembeli, pengaturan jarak 1 meter antar pedagang, hingga pengecekan suhu sebelum masuk pasar bagi pengunjung dan pembeli.

Menurut dia, ganjil-genap tidak akan efektif bila protokol kesehatannya tidak disosialisasikan kepada masyarakat luas. Oleh karena itu diperlukan tindakan yang serius untuk menyadarkan pedagang dan pengunjung di lingkungan pasar.

Baca Juga : Mendag Umumkan Pedoman Jual Beli New Normal di Pasar, Berikut Aturannya

"Ganjil-genap tidak akan efektif bila sosialisasi penyadaran penerapan protokol kesehatan di lingkungan pasar tidak digalakkan secara serius," tuturnya.

Baca Juga : Tinjau Pasar Kodim Senapelan, Panglima TNI dan Kapolri Pantau Penerapan Protokol Kesehatan

(erh)

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini