Pengunjung di Mal Pejaten Village Masih Sepi saat Transisi PSBB

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 15 Juni 2020 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 15 338 2230228 pengunjung-di-mal-pejaten-village-masih-sepi-saat-transisi-psbb-S1g5bgV809.jpg Mal Pejaten Village sepi pengunjung (foto: Okezone.com/Fakhri)

JAKARTA - Pengunjung di Mal Pejaten Villange, Jakarta masih sepi di hari perdana dibuka dalam masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Senin (15/6/2020).

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, hanya sebagian kecil toko yang telah dibuka. Di mal ini, mayoritas toko yang buka hanya berjualan makanan cepat saji.

Tak banyak aktivitas pengunjung di Mal Pejaten Village. Mereka yang datang banyak berasal dari pengemudi ojek online (ojol).

"Buka dari jam 11 sepi. Banyak toko yang masih tutup," ujar salah seorang petugas di lokasi.

Mal Pejaten Village juga menerapkan protokol kesehatan kepada para pengunjungnya. Mereka yang masuk gedung akan terlebih dahulu dicek suhu tubuhnya.

 

Kemudian, seluruh fasilitas umum hingga ke toliet juga telah diberi tanda untuk menerapkan jaga jarak antarpengunjung atau physical distancing.

Seluruh karyawan toko di Mal Pejaten Village juga tampak menggenakan makser dan face shield dalam bekerja.

Sebelumnya, Pemprov DKI telah memperbolehkan 80 mal di Jakarta untuk dibuka di pekan ketiga transisi PSBB di Ibu Kota.

Ke80 mal tersebut di antaranya sebanyak 21 mal di Jakarta Pusat antara lain seperti FX Sudirman, Gajah Mada Plaza, Grand Indonesia, Mangga Dua Square, Plaza Atrium, Plaza Senayan, hingga Senayan City.

Kemudian, 26 mal di Jakarta Selatan seperti Blok M Square, Epiwalk, Gandaria City, Kota Kasablanka, Kuningan City, dan Lippo Mall Kemang.

Selanjutnya sepuluah mal di Jakarta Barat yakni Central Park Neo Soho, Lippo Mall Puri, Mal Ciputra Jakarta, Mal Taman Anggrek, hinga Season Citu.

11 mal di Jakarta Timur seperti Arion Mall, Buaran Plaza, Cibubur Junction, Tamini Square, Lippo Plaza Kramat Jati, hingga Pusat Grosir Cililitan (PGC). Dan sebanyak 12 mal di Jakarta Utara seperti Baywalk Mall, Emporium Pluit Mall, Mall of Indonesia, PIK Avenue, Mahaka Square, hingga Summarecon Mall Kelapa Gading.

DKI juga menerapkan 16 protokol kesehatan yang wajib dipatuhi pusat perbelanjaan tersebut saat di buka di antaranya menjaga jarak antrean masuk mal dengan jarak 1 meter, menggunakan masker, suhu tubuh dibawah 37,5 derajat, dan mengikuti direction yang sudah dibuat pengelola.

Kemudian, lift kapasitas hanya untik 6 orang dari biasanya 15 orang, excalator berdiri di step yang diberi tanda jarak antarorang adalah 3 step, toilet juga antre dengan jarak 1 meter, dan pembayaran diusahakan cashless.

Lalu di resto dan food court kapasitas tampung 50%, semua karyawan pakai masker dan faceshield, mushola tanpa karpet dan diberi tanda berjarak 1 meter, harus ada ruangan isolasi yang lengkap dengan peralatan APD, oksigen untuk P3K.

Selanjutnya harus ada parkir sepeda, parkir motor berjarak 1 m, mal harus punya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-18, menggunakam masker di dalam mal, dan setiap hari gedung dan area publik harus dibersihkan dengan disinfectan.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini