Polisi Tangkap Polisi Gadungan Pemeras Warga

Muhamad Rizky, Okezone · Sabtu 27 Juni 2020 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 27 338 2237424 polisi-tangkap-polisi-gadungan-pemeras-warga-F78z4uEcRA.jpg Ilustrasi polisi menangkap pelaku kriminal/Foto: dok okezone

JAKARTA - Polisi menangkap dua orang pria bernama Hanbastian (27) dan Hermansyah (32). Kedua diketahui kerap melakukan aksi pemerasan di Kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Kapolsek Metro Tanah Abang AKBP Raden Muhammad Jauhari mengatakan, dalam menjalankan aksinya kedua pelaku berpura-pura menjadi polisi. Kemudian menuduh korban menggunakan narkoba.

"Mereka menuduh korban kalau ditempat tersebut berada sering dijadikan transaksi narkoba jenis sabu," kata Jauhari kepada wartawan, Sabtu (27/6/2020).

Menurut Jauhari para pelaku sendiri kerap melakukan aksinya di trotoar depan SMA 24, Jalan Gelora. Agar korbannya takut pelaku juga membawa pistol mainan.

"Untuk menakuti korban, pelaku Hanbastian menunjukan senjata pistol mainan yang diselipkan dipinggangnya kepada korban. Sedangkan pelaku Hermansyah menjaga korban dan teman-temabnnya untuk tak kemana- mana," ungkapnya.

Pelaku kemudian meminta korban mengumpulkan barang berharga untuk diambil. Namun ada korban yang sadar bahwa mereka adalah penipu dan berteriak minta tolong hingga mengundang perhatian warga.

"Kebetulan ada anggota Polisi yang bertugas tengah melintas. Langsung dia ditangkap saat itu juga," terang Jauhari.

Berdasarkan pengakuan pelaku mereka sudah lebih dari sekali melakukan pemerasan. Adapun motifnya pelaku karena permasalahan ekonomi.

Jauhari mengimbau kepada masyarakat tak mudah percaya jika ada orang yang mengaku polisi dan melakukan pemerasan dengan meminta bukti keanggotaan.

"Silahkan tanyakan alasan menangkap, minta surat tugas dan tunjukkan kartu tanda anggotanya," tandasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya para pelaku dijerat dengan pasal 368 KUHP tentang pemerasan dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini