Sepinya Car Free Day di Jalan Gajah Mada

Fahreza Rizky, Okezone · Minggu 28 Juni 2020 09:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 28 338 2237606 sepinya-car-free-day-di-jalan-gajah-mada-EhFRr08g3F.jpeg Foto: Okezone.

JAKARTA - Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Minggu (28/6/2020) sepi pengunjung. Ruas jalan tersebut tampak lengang.

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, areal CFD di Jalan Gajah Mada hanya dilewati oleh rombongan pesepeda. Hanya sedikit pengunjung yang jogging di areal tersebut.

Di tengah jalan tampak beberapa anak kecil bermain bola. Ada pula warga yang menggelar tikar sambil duduk bersama. Lalu di pembatas jalan tampak petugas Dishub dan Kepolisian berjaga seraya mengatur arus lalu lintas.

Seorang warga sekitar, Andi (36), mengatakan, areal CFD di Jalan Gajah Mada cukup sepi sejak awal dibuka pada pukul 06.00 WIB pagi.

"Dari pagi sepi di sini," ucapnya kepada Okezone.

Meskipun rumahnya berada di sekitar Jalan Gajah Mada, Andi mengaku mendatangi CFD untuk mencari suasana baru dan berswafoto karena lengangnya ruas jalan.

Foto: Fahreza Rizky.

"Olahraga dikit sambil foto-foto he-he-he, jarang-jarang Jakarta lengang begini kan karena memang kendaraan gak boleh melintas sampai jam 09.00 WIB," tuturnya.

Menurut Andi, CFD yang terbagi di beberapa titik di wilayah Ibu Kota sangat ampuh menekan penularan virus corona. Oleh sebab itu, meskipun sepi, ia mengaku sangat menikmati suasana ini.

"Lumayan bagus untuk menekan angka penularan Covid-19, kan meminimalisir pertemuan dengan orang lainnya," ucap Andi.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi DKI meniadakan CFD di areal Jalan Sudirman-Thamrin. Sebagai gantinya, pemerintah menyiapkan 32 titik area CFD. Tidak terpusatnya area CFD ditujukan untuk menekan penularan virus corona.

Area CFD di 32 titik hanya berlangsung tiga jam, yakni dari pukul 06.00 hingga 09.00 WIB.

(dka)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini