PSBB Diperpanjang, Wali Kota Tangerang Pastikan Pasokan Sembako Aman

Isty Maulidya, Okezone · Senin 29 Juni 2020 12:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 338 2238065 psbb-diperpanjang-wali-kota-tangerang-pastikan-pasokan-sembako-aman-iavWmonX9p.jpg Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah (Foto: Okezone)

TANGERANG - Gubernur Banten resmi memperpanjang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kawasan Tangerang Raya.

Meskipun diperpanjang, Walikota Tangerang Arief Wismansyah memastikan bahwa pasokan sembako di kota Tangerang masih aman. Sehingga warga tak perlu khawatir akan ada kelangkaan sembako di kota Tangerang.

Arief juga mengatakan bahwa warga yang terdampak Covid-19 juga tak perlu khawatir soal ketersediaan sembako selama PSBB berlangsung. Pasalnya pemerintah juga gencar mendistribusikan sembako kepada lumbung pangan warga yang ada di wilayah kota Tangerang.

"Pasokan sembako aman. Untuk warga terdampak Covid-19 juga aman, karena lumbung pangan warga masih tersedia dan bisa mencukupi kebutuhan warga," tutur Arief pada Senin (29/06/2020).

Pasokan lumbung pangan juga aman karena kesadaran masyarakat untuk saling membantu masih tinggi. Beberapa RW di kota Tangerang bahkan secara swadaya mengadakan lumbung pangan sendiri dan pasokan sembako berasal dari iuran warga setempat.

"Ditambah dengan gotong royong warga, kesadaran saling memberi untuk yang tidak mampu dan warga yang terdampak Covid secara perekonomiannya, di tengah pandemi ini," lanjutnya.

Selain swadaya sembako, kebutuhan warga terhadap pangan juga terbantu dengan adanya dapur umum yang diinisiasi oleh berbagai pihak. Hingga saat ini, dapur umum masih berdiri di kecamatan yang lingkungan RW nya masih berada di zona merah. Kegiatan dapur umum juga akan tetap dipantau untuk memastikan ketersediaan pangan terutama bagi warga terdampak Covid-19.

"Kegiatannya akan dipantau, saya juga apresiasi kawan-kawan yang sudah mengelola dapur umum, yang masih konsisten menyediakan nasi bungkus untuk ratusan warga per harinya," kata Arief.

Sejak awal PSBB hingga saat ini donasi dari posko Siaga Covid-19 Kota Tangerang sudah tersalurkan sebanyak 26.979 paket sembako. Kemudian, beras di lumbung pangan juga telah disalurkan hingga 100 ton lebih. Selain sembako, pemerintah juga menggelontorkan ribuan APD dan alat rapid test selama pandemi Covid-19.

"Ada juga bantuan APD dan alat rapid test. Misalnya APD ada 52 ribu lebih yang disalurkan, dan 10 ribu rapid test," pungkas Arief.

(kha)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini