Ini Nilai Mata Pelajaran yang Diseleksi dalam PPDB Jalur Prestasi

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 29 Juni 2020 13:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 338 2238093 ini-nilai-mata-pelajaran-yang-diseleksi-dalam-ppdb-jalur-prestasi-QLdRnPJa0B.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta akan membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur prestasi akademik pada 1-3 Juli 2020. Sejumlah mata pelajaran akan diseleksi agar calon siswa bisa lolos di sekolah yang dituju.

Kadisdik DKI Jakarta Nahdiana mengatakan, nilai mata pelajaran yang akan diseleksi bagi pelajar lulusan SD yang akan masuk SMP adalah matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

Sementara, nilai mata pelajaran lulusan SMP yang akan masuk SMA/SMK yang diseleksi adalah matematika, IPA, IPS, dan bahasa Inggris.

 Baca juga: Kadisdik DKI: Siswa Lolos PPDB Jalur Zonasi Harus Lapor Diri, Besok Terakhir

Adapun seleksi utama yang digunakan dalam penerimaan jalur prestasi akademis tersebut akan menperhitungkan nilai rata-rata akademis selama 5 semester terakhir dan akreditasi sekolah asal.

"Nilai rapor SMP ke SMA/SMK, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan Bahasa Inggris," kata Nahdiana dalam konferensi pers yang disiarkan Youtube Pemprov DKI, Senin (29/6/2020).

 Baca juga: Siswa Gagal Lolos PPDB Zonasi, Bisa Daftar Jalur Prestasi pada 1-3 Juli

Ia menjelaskan, proses seleksi akan dilakukan dengan mengurutkan nilai tertinggi hingga ke rendah sesuai dengan kuota kursi yang tersedia di sekolah yang dituju tersebut.

"Proses seleksi dan pilihan sekolah pada jalur prestasi akademis tidak terikat zonasi," tuturnya.

Nahdiana menerangkan, calon peserta didik baru (CPDB) akan diberikan tiga pilihan sekolah dalam PPDB jalur prestasi. Ia menerangkan, siswa bisa daftar kembali jika dari tiga sekolah tersebut dinyatakan belum lulus seleksi.

"CPDB dapat daftar dan pilih kembali sekolah lainnya sepanjang masih dalam periode seleksi akademis, yaitu sampai 3 Juli pukul 15.00 WIB," tuturnya.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini