Disdik DKI Buka Jalur PPBD Baru untuk Zonasi RW

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 30 Juni 2020 19:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 30 338 2239040 disdik-dki-buka-jalur-ppbd-baru-untuk-zonasi-rw-l4q12bEgke.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, akan membuka jalur penerimaan baru dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020/2021. Jalur penerimaan siswa baru tersebut yakni zonasi tingkat Rukun Warga (RW).

Kadisdik DKI Jakarta, Nahdiana mengatakan, jalur PPDB tersebut dibuka guna mengakomodir tingginya minat siswa untuk bersekolah negeri.

"Ada siswa yang berada satu RW dengan sekolahnya belum dapat diterima, maka hari ini kami mengumumkan bahwa Pemprov DKI melalui Disdik membuka jalur zonasi untuk bina RW sekolah," kata Nahdia dalam webinar melalui Youtube Pemprov DKI, Selasa (30/6/2020).

 Baca juga: Disdik DKI: Pembukaan Sekolah Dilakukan Bila Jakarta Dinyatakan Aman dari Covid-19 

Dia menjelaskan, jalur baru PPDB ini akan menambah kuota pelajar di sekolah negeri DKI yang semula 36 siswa tiap kelasnya menjadi 40 siswa.

"Tentunya dengan kami tambah kuota untuk rasio di tiap kelasnya dari 36 jadi 40, kami tentunya berkoordinasi kepada Kemendikbud sebelum kami memutuskan ini kami minta diizinkan tambah kuota karena banyaknya minat masyarakat," jelasnya.

 Baca juga: Disdik DKI: Guru Harus Beri Pemahaman ke Siswa Pentingnya Budaya Menabung

Nahdiana menerangkan, PPDB jalur zonasi RW ini dikhususkan bagi pelajar berada di RW tersebut. Pendaftaran bisa dilakukan di website ppdb.jakarta.go.id pada 4 Juli dan siswa bisa melaporkan pada 6 Juli 2020.

"Ada RW yang ketika ditambah rombongan belajarnya tapi di sana anak-anaknya sedikit, ada RW yang anak-anaknya melebihi rombongan belajarnya. Sehingga seleksi berikutnya kami gunakan dengan seleksi usia," imbuhnya.

Nahdiana menegaskan, bahwa jalur PPDB baru ini tidak akan mengubah kuota pada jalur prestasi yang telah dibuka sebelumnya. "Ini tidak mengganggu porsi jalur prestasi yang sudah ada," tegas dia.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini